Ditarik Warga ke Tepi, Hiu Paus Akhirnya Mati

Hiu paus yang terdampar di pantai DIY
Sumber :

VIVAnews - Ikan Hiu Paus yang terdampar di Pantai Baru Pandansimo, Bantul, Yogyakarta, akhirnya mati karena ditarik warga ke tepi laut. Saat pertama kali ditemukan, Rabu petang kemarin, hiu tersebut masih hidup.

"Kami mendapatkan info dari Twitter jam 18.30, lalu kami langsung kroscek dan kesini jam 22.00 WIB tadi malam," kata Dessy Zahara Engelina Program Menager Animal Friends Jogja (AFJ) saat ditemui VIVAnews di lokasi terdamparnya hiu malang itu, Kamis 2 Agustus 2012.

Saat tiba di lokasi, Rabu malam, Dessy mengira Hiu Paus itu masih hidup karena ekornya masih bergerak. Tapi, saat dicek lagi, hewan itu sudah mati.
 
Dia menduga, Hiu Paus ini mati karena ditarik warga dengan tali menjauhi laut. "Sekitar pukul 18.30 WIB, Hiu Paus ini sudah lemas kemudian ditarik ke tepi. Warga mau ambil siripnya," kata Dessy.

Saat warga hendak menarik itu, sempat terjadi kericuhan. Akhirnya, pemuka adat di sana membubarkan massa. "Untungnya mereka menurut dan akhirnya tali diputus, tapi sudah terlambat," ungkapnya.

Jika tidak ditarik ke tepi, Hiu Paus itu kemungkinan masih hidup karena masih ada di dalam air laut. Dia pun menyayangkan tindakan warga yang semena-mena itu.

Hiu paus ini berjenis whale shark atau hiu tutul. Biasanya, ikan ini pemakan plankton dan tidak berbahaya bagi manusia. Hiu Paus yang terdampar itu diduga mengalami disorientasi.

Kemenkominfo Gelar Talkshow “Rekam Jejak Digital di Ranah Pendidikan”
Sekjen DPP PKS Aboe Bakar Al Habsyi.

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al-Habsyi mengatakan rencana pertemuan dengan calon presiden terpilih Prabowo Subianto masih menunggu waktu yang tepat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024