SBY Cek Kesehatan di Malaysia Tahun 2005

Salinan memo SBY setelah cek kesehatan di HSC Medical Center
Sumber :
  • HSC Medical Center

VIVAnews - Pada rapat kabinet terbatas di gedung Kementerian Kesehatan pada Rabu 1 Agustus 2012 lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan ketidakgembiraannya melihat fenomena banyak warga Indonesia berobat di luar negeri.

Pernyataan Presiden ini tentu patut dihargai, namun patut pula dipertanyakan. HSC Medical Center, sebuah klinik kesehatan di Kuala Lumpur Malaysia, mencatat SBY pernah melakukan cek kesehatan di rumah sakit ini. HSC bahkan memiliki memo yang kemudian salinannya ditampilkan di situs mereka, www.hsc.com.my.

Kunjungan SBY ke rumah sakit itu dilakukan pada 14 Februari 2005, saat SBY melakukan kunjungan bilateral ke Malaysia paska dilantik sebagai Presiden beberapa bulan sebelumnya. Apa isi memo yang ditulis tangan itu?

"I really enjoy having the opportunity to be checked by this finest medical center in Kuala Lumpur ... one of the centers of excellence in medical services." (Saya benar-benar menikmati kesempatan diperiksa oleh pusat kesehatan terbaik di Kuala Lumpur ini... satu pusat keunggulan di bidang jasa kesehatan-- redaksi.)

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha belum bisa memastikan kebenaran informasi HSC ini. "Saya belum bisa komentar, saya perlu cek dulu," kata Julian saat dihubungi VIVAnews, Jumat 3 Agustus 2012.

Di situsnya, HSC Medical Center menyatakan dibuka secara resmi oleh Menteri Kesehatan Malaysia pada 18 Februari 2003. HSC menyebut diri sebagai "salah satu pusat kesehatan terpadu, jantung dan diagnostik terkemuka dunia dengan profesional kesehatan terlatih kelas internasional."

Klaim HSC ini tentu beresonansi dengan pernyataan SBY pada Rabu lalu. "Terus terang tidak begitu gembira kalau bangsa Indonesia terutama golongan mampu berobat ke luar negeri. Dengan meningkatkan kualitas dan modernitas rumah sakit, itu harapan kita bangsa Indonesia, berobat di negeri sendiri," kata SBY.

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa
Ilustrasi madu

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Perlu digarisbawahi bahwa hanya madu murni yang berkhasiat bagi kesehatan, bukan madu yang sudah dicampurkan dengan pengawet atau pemanis

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024