Dermawan Misterius Bantu Bebaskan 3 TKW

Ilustrasi pelaku kejahatan
Sumber :
  • Reuters

VIVAnews - Meski masa hukuman telah dihabiskan, tiga perempuan asal Indonesia memilih untuk tetap tinggal di balik bui, sebab mereka tak mampu membayar tiket pulang ke tanah air.

Penantian mereka berakhir kemarin, saat seorang dermawan anonim membayar tiket pulang ketiganya. Mereka pun segera bebas dari Abu Dhabi Central Prison. Selain Sang Dermawan, seorang penduduk Abu Dhabi, Rubina Umer juga punya andil.

Umer adalah relawan yang mengumpulkan dana bagi tahanan asing yang telah menyelesaikan masa hukumannya, tapi tak mampu membayar tiket pesawat untuk kembali ke kampung halaman. Sejauh ini ia telah membantu 200 tahanan di penjara Abu Dhabi, Dubai, dan Al Ain.

Sepak terjang Rubina Umer dimulai pada tahun 2011, setelah perempuan berhati mulia itu membaca berita tentang siswa yang berhasil mengumpulkan uang sebesar 40.000 dirham untuk membantu para mantan tahanan pulang. Ia berniat menirunya.

Yang terbaru, Umer menerima uang sebesar Dh1.340 dari seorang dermawan agar tiga perempuan Indonesia bisa pulang.

"Seorang saudara datang dan menyerahkan uang, ia mengatakan ingin membantu membebaskan mereka semua," kata Umer seperti dimuat situs The Nation, Minggu 5 Agustus 2012.

Ia lalu dihubungi oleh penjara Abu Dhabi yang menginformasikan tentang ketiga tahanan perempuan itu. "Kami bahkan tak tahu mengapa mereka dimasukkan ke penjara," kata dia. "Kebebasan mereka tak akan mungkin terjadi tanpa bantuan orang-orang baik yang ingin beramal."

Kebanyakan tahanan perempuan adalah para pekerja yang berniat ingin meraup dirham untuk memperbaiki kehidupan mereka di tempat asal. Namun, mereka ditangkap setelah visa mereka habis.

"Kebanyakan pekerja berutang demi bisa bekerja di Uni Emirat Arab. Namun mereka justru jadi korban penipuan agen tenaga kerja, dan berakhir sebagai pekerja ilegal tanpa mendapat pekerjaan yang dijanjikan," kata umer.

Setelah ditangkap polisi, mereka diwajibkan membayar denda. "Mereka yang tidak bisa membayar denda akan ditahan di penjara."

Kesialan para tahanan belum usai, setelah menghabiskan masa tahanan, mereka tak bisa pulang karena tak mampu membeli tiket pesawat yang harganya berkisar antara Dh550 sampai Dh1.500, tergantung tujuan. (adi)

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024