Bayi Aulia Lahir Tanpa Tempurung Kepala

Bayi Tanpa Tempurung Kepala di Jambi
Sumber :
  • VIVAnews/M Ramond EPU

VIVAnews -- Kebahagiaan menanti anak kedua pasangan Mintaria dan Yuli berujung nelangsa. Aulia Putri, bayi perempuan mungil yang lahir Sabtu 4 Agustus 2012, memiliki kondisi tak normal. Tanpa tempurung kepala. 

Kini, Aulia masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Manap Kota Jambi, tempatnya dilahirkan. Bersama sejumlah bayi, ia ditempatkan di ruang Parinatologi. Bedanya, bayi itu menempati tempat khusus yang steril.

Soal kondisi anaknya, Mintaria mengaku ia dan istrinya sama sekali tak mendapat firasat apa pun. Selama hamil, istrinya pun cukup menjaga kondisi kehamilannya agar tetap sehat. Sampai suatu ketika, menjelang kelahiran, dilakukan pemeriksaan USG. Diketahui bayi itu tak memiliki tempurung kepala (anchepalus).

"Batok kepalanya tidak ada. Terakhir dirujuk ke RSUD Abdul Manap untuk dioperasi," kata Mintaria, Selasa 7 Agustus 2012.

Kini, ia hanya berharap Aulia ditangani secara serius agar kelak bisa hidup normal. Entah dengan operasi plastik atau cara lain.

Sedaya upaya telah dilakukan, tapi apa daya, Mintaria sehari-hari bekerja sebagai tukang ojek di kawasan Jalan Pattimura, Kelurahan Kenali Besar.

Warga RT 22 Perumahan Bougenvile Lestari Blok DN Nomor 04, Kelurahan Kenali Besar, Kecamatan Kotabaru itu juga membuka pintu bagi para dermawan yang ingin membantu. "Kalau ada yang ingin membantu bisa menghubungi saya di nomor 085266647907," kata dia.

Sementara itu, Kepala RSUD Abdul Manap Kota Jambi, dr Ida Yuliati menjelaskan, secara umum, kondisi Aulia Putri saat ini dalam kondisi sehat dan normal. Bahkan, saat lahir berat badannya juga normal sekitar 3,2 kilogram.

"Sudah kami tangani secara optimal, nanti apakah dioperasi plastik atau tidak itu masih didiskusikan oleh tim dokter yang menanganinya, yakni dr Indra SpA," kata dia.

Dijelaskannya, saat ini belum ada rencana untuk merujuk Aulia Putri. Sebab, peralatan dan dokter yang ada di RSUD Abdul Manap dirasa cukup mampu menanganinya. Sementara, untuk biaya persalinannya
ditanggung pemerintah atau gratis. Karena, persalinan Nyonya Yuli menggunakan Jampersal (Jaminan Persalinan).

Laporan: M Ramond EPU, eh

Mengembangkan Potensi Guru Melalui Platform Merdeka Mengajar
Kepala Eksekutif Meta Mark Zuckerberg.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

CEO Meta, Mark Zuckerberg dikabarkan ingin membuat operating system OS untuk perangkat virtual reality (VR). Proyek ini dikerjakan bersama Microsoft, Lenovo dan Asus.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024