Pertemuan Ketua KPK-Kapolri Masih Deadlock

Ketua KPK Abraham Samad dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengakui, dirinya telah melakukan pertemuan dengan Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

Pertemuan rahasia pimpinan kedua institusi penegak hukum itu untuk membicarakan penanganan kasus dugaan korupsi pengadaan simulator surat izin mengemudi (SIM) di Korlantas Mabes Polri.

Namun dari hasil pertemuan tersebut, kedua pihak belum menemukan kata sepakat. "Maka masih diperlukan koordinasi lagi," kata Abraham dalam keterangan pers di gedung KPK, Jakarta, 8 Agustus 2012.

Kapan pertemuan akan dilakukan, tidak dijelaskan. Namun yang pasti, kata Abraham, hingga saat ini KPK masih terus melakukan penyidikan kasus yang menyeret Inspektur Jenderal Djoko Susilo.

"Sekali lagi, tidak terganggu. KPK tetap akan terus melakukan penyidikan kasus simulator SIM," Abraham menegaskan.

Dalam kasus ini, KPK sudah menetapkan empat tersangka. Mereka adalah mantan Kepala Korlantas Inspektur Jenderal Djoko Susilo, Wakorlantas Brigjen DP, serta dua dari swasta yakni BS dan SB. Mereka diduga telah menyalahgunakan kewenangannya serta memperkaya diri sendiri atau orang lain.

Namun, kasus ini ternyata juga diusut oleh Bareskrim Mabes Polri. Tak mau kalah dengan KPK, Polri bahkan sudah menetapkan lima tersangka. Mereka adalah Wakorlantas Brigjen DP, AKBP TF, bendahara Kompol L, dan dua dari pihak pemenang tender simulator SIM berinisial BS dan SB. Tiga dari lima tersangka ini juga adalah tersangka di KPK dalam kasus serupa.

Tiga tersangka yang berasal dari kepolisian kini sudah resmi ditahan di Rutan Mako Brimob. Tersangka lainnya BS ditahan di Rutan Bareskrim, sedangkan SB masih ditahan di LP Kebon Waru, Bandung. (eh)

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap
Nurul Ghufron diperiksa Dewas KPK

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho ke Dewas, Ada Apa?

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron melaporkan salah satu Anggota Dewas KPK, Albertina Ho ke Dewan Pengawas KPK. Ghufron melaporkan anggota Dewas KPK terkait dugaan penyalahgu

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024