Jokowi Kembali Raih Penghargaan Internasional

Joko Widodo
Joko Widodo
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews - Kota Solo di bawah Walikota Joko Widodo kembali mendapat penghargaan internasional. Penghargaan dari Kemitraan Pemerintahan Lokal Demokratis Asia Tenggara (Delgosea) ini atas keberhasilan Solo melakukan relokasi yang manusiawi dan pemberdayaan pedagang kaki lima.

"Setelah empat tahun pemberdayaan, Solo berhasil memecahkan isu sensitif pedagang kaki lima dan semua efeknya atas ruang publik, sampah, kemacetan dan kemiskinan," begitu ringkasan bunyi penghargaan yang bernama resmi "Best Practice" itu.

Relokasi dan pengaturan pedagang kaki lima ini, menurut Delgosea, berlangsung dengan memperhatikan budaya setempat dan metode yang manusiawi. "Wali Kota meyakinkan pedagang kaki lima bahwa upaya ini akan meningkatkan kondisi mereka, bukan menghancurkan bisnis mereka," seperti diterangkan di laman resmi Delgosea.

Dan manajemen pedagang kaki lima ini sebelumnya diawali dengan pembentukan tim teknis dan nonteknis. Tim teknis mencari lokasi bagus untuk pedagang kaki lima, pengaturan lalu lintas dan lain-lain, sementara tim nonteknis untuk menghadapi respons balik dari pedagang atau warga.

Dalam empat tahun, program ini berhasil berjalan. Bekas kawasan pedagang kaki lima kini jadi ruang terbuka hijau, dan muncul dua pasar baru untuk menampung pedagang kaki lima.

Sebelumnya Jokowi juga masuk nominasi Wali Kota Terbaik Dunia 2012 yang digelar World Mayor Prize. Desember 2011, Jokowi juga mendapat penghargaan Wali Kota Terbaik dari Menteri Dalam Negeri.

Bukan Solo sendiri yang mendapat penghargaan dalam Konferensi yang digelar di Bangkok dari 7-8 Agustus 2012 ini. Ada 16 kota atau kawasan di Asia Tenggara yang mendapat penghargaan untuk berbagai macam "Best Practice". Dari Indonesia, yang dapat penghargaan lainnya adalah Kota Yogyakarta dan secara bersama Yogyakarta, Sleman, dan Bantul atas Best Practice "Kerjasama antarpemerintah daerah."

Delgosea diluncurkan pada Maret 2010 lalu, dibiayai Komisi Eropa dan Kementerian Kerjasama Pembangunan Jerman. Delgosea merupakan kerjasama pemerintah lokal, lembaga swadaya masyarakat dan lembaga akademik dari Filipina, Indonesia, Vietnam, Thailand dan Kamboja yang bertujuan untuk saling menukar best practice di masing-masing lokal.