Bunker di Kantor Jokowi Mirip Gerbong Kereta

Penggalian Bunker di Solo
Sumber :
  • Fajar Sodiq/VIVAnews

VIVAnews -- Misteri dugaan bunker yang terletak di komplek kantor Walikota Solo, Joko Widodo di Balaikota Solo sedikit-sedikit terkuak. Berdasarkan data awal dari hasil ekskavasi menunjukkan bahwa bentuk bunker itu menyerupai gerbong kereta api.

Kepala Bidang Benda Cagar Budaya, Dinas Tata Ruang Kota Solo, Mufti Rahardjo mengatakan hasil penelitian sementara yang dilakukan tim Balai Arkeologi Yogyakarta menyebutkan di lokasi itu memang terdapat bunker.

"Dari hasil awal dipastikan bahwa itu betul-betul bunker. Selain itu bentuk bunker menyerupai bentuk gerbong kereta api," kata dia, Senin, 13 Agustus 2012.

Lebih lanjut dia mengungkapkan dengan penemuan bunker itu bisa menjadi entry point atau password untuk mengungkap pemetaan bunker yang ada di Kota Solo. "Ini yang aspek kesejarahan dan landmark di Solo kedepannya  perlu eksplorasi yang mendalam," tegas dia.

Sementara itu pantauan VIVAnews di lokasi yang diduga sebagai tempat keberadaan bunker terlihat sepi. Tidak ada aktifitas penggalian dari tim ekskavasi Balai Arkeologi Yogyakarta. Jumlah titik gali pun sejak kemarin telah diperluas menjad tujuh parit.

"Saat ini tim ekskavasi tidak melakukan penggalian namun sedang merampungkan kajian tertulis untuk membuat resume dan rekomendasi atas penemuan hasil empiris awal," kata Mufti.

Setelah dilakukan pengkajian tersebut, tim akan bekerja kembali untuk melanjutkan penggalian objek yang diduga sebagai lokasi bunker. "Ya ini baru step awal. Nanti akan dilanjutkan step-step lanjutan. Ibaratnya ini tim Kopassusnya," ucap dia. (sj)

Bayi Perempuan Penuh Luka Diduga Gigitan Anjing Ditemukan di Pinggir Jalan Jeneponto
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie

Jonatan Christie Juara BAC 2024

Jonatan Christie juara Badminton Asia Championships (BAC 2024) di sektor tunggal putra. Bermain melawan Li Shi Feng asal China, Minggu sore WIB 14 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024