Warga An-Nadzir di Gowa Akhiri Puasa Hari Ini

Jamaah An-Nadzir di Gowa, Sulawesi Selatan
Sumber :
  • ANTARA/Sahrul Manda Tingkupadang

VIVAnews - Jamaah An-Nadzir yang berada di Gowa, Sulawesi Selatan, hari ini mengakhiri puasa. Menurut Jamaah yang komunitasnya bermukim di tepian danau Mawang itu, siang ini sekitar pukul 12.00 waktu setempat sudah masuk bulan baru yakni 1 Syawal.

"Yang pasti kami puasa dari pagi hingga pukul 12.00, setelah itu akan berbuka karena sudah ada pergantian bulan, atau masuknya bulan Syawal yang terjadi pada siang hari," kata pemimpin An-Nadzir, Ustad Lukman Bakti, dalam perbincangan dengan VIVAnews.

Meski sudah masuk 1 Syawal, jamaah yang bercirikan surban membalut kepala dan berpakaian serba hitam ini tidak bisa langsung menggelar salat Ied siang nanti. Rencananya salat Ied dilakukan pada Jumat 17 Agustus 2012, atau bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI.

Tapi itu lagi-lagi ditunda. Karena jamaah yang sebagian besar pengikutnya berambut pirang ini menghormati Hari Kemerdekaan RI.

"Nabi saja menghargai kaum Yahudi dengan menunda Idul Fitri satu hari. Lalu kenapa kami juga tidak menunda?" kata dia. "Kami menghargai perjuangan para pejuang bangsa ini yang mengucurkan darah syuhada dalam mempertahankan kemerdekaan."

Alhasil, meski sudah mengakhiri puasa pada siang nanti, Jamaah An-Nadzir memutuskan menggelar salat Ied pada Sabtu 18 Agustus 2012. Mereka menunda Lebaran hampir dua hari. "Kami hanya menunggu waktu masuknya untuk melaksanakan salat Idul Fitri pada hari Sabtu, 18 Agustus nanti," jelas An-Nadzir.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024