Lolos Uji Emisi, Esemka Diproduksi Massal

Kirab mobil Esemka dengan Joko Widodo.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews - Ribuan siswa sekolah di Solo menyambut kirab mobil Esemka yang telah dinyatakan lolos uji emisi, hari ini, Kamis, 16 Agustus 2012. Bahkan, kirab tersebut juga diikuti Walikota Solo, Joko Widodo yang duduk di atas kap mesin mobil Esemka.

Bea Cukai dan Bareskrim Polri Jalin Sinergi Gagalkan Peredaran Narkotika di Tangerang dan Aceh

Pantauan VIVAnews, ribuan siswa pelajar yang terdiri dari SD, SMP, SMA hingga SMK di Solo terlihat berjajar berdiri di jalur yang dilalui arak-arakan kirab mobil Esemka yang dibuat oleh siswa SMK di Surakarta.

Mobil Esemka yang dikirab jumlahnya mencapai sembilan unit. Sedangkan motor Esemka terdapat tujuh unit. Iringan mobil Esemka paling depan disopiri oleh Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Disampingnya duduk Walikota Solo, Joko Widodo.

Syahrini Diduga Hamil, Sudah Masuk Usia 7 Bulan

Meski demikian Jokowi sapaan akrab Walikota Solo memutuskan keluar dari kursi mobil Esemka dan memilih duduk di atas kap mobil. Ia tampak melambaikan tangan kepada ribuan siswa dan masyarakat umum yang telah menunggu kehadiran kirab Esemka tersebut.

Jokowi mengaku sangat bangga dengan keberhasilan mobil Esemka lolos uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi di Tangerang. "Sekian kali tidak lolos uji emisi. Ternyata yang keenam kalinya ini lolos uji emisi," kata Jokowi.

Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?

Persiapan Produksi Massal

Dengan keberhasilan lolos uji emisi tersebut, lanjut Jokowi, selanjutnya direncanakan untuk memproduksi massal mobil Esemka. "Kita langsung persiapan untuk produksi massal. Bulan Oktober nanti produksi Esemka sudah keluar," ujarnya berharap.

Ia pun menyebutkan pada awal produksi massal nanti jumlahnya hanya sekitar puluhan unit. Jumlah produksi itu kedepannya akan terus ditingkatkan hingga ratusan. "Pokoknya kecil dulu tapi nanti naik dan naik terus. Lima puluh naik seratus, dua ratus hingga tiga ratus," katanya.

Sementara itu salah seorang siswa SMP 6 Surakarta, Harji Wasetiaji mengaku bangga dan senang dengan keberhasilan mobil Esemka lolos uji. "Ini bisa menjadi kebanggaan bagi Indonesia," kata dia kepada VIVAnews.

Oleh sebab itu, ia pun rela menunggu lama untuk bisa melihat dari dekat mobil Esemka yang dikirab keliling Kota Solo. "Karena  bangga dengan Esemka makanya saya ingin menyambut kirab mobil itu," ujar dia.

Dalam kirab tersebut juga diramaikan oleh iring-iringan klub mobil Jeep America, Harley Davidson, klub sepeda onthel tua, dan Solo Batik Carnival. Bahkan, sesampainya di Nonongan, rombongan kirab Esemka disambut dengan kesenian tradisional reog dan prajurit keraton. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya