Separuh Anggaran Kemhan untuk Belanja Pegawai

Tinjau Kapal Selam
Sumber :
  • Antara/Asep Fathulrahman

VIVAnews – Kementerian Pertahanan memperoleh jatah Rp77 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2013. Kemhan pun akan mengalokasikan anggaran sebesar itu untuk beberapa keperluan.

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, setengah atau 50 persen dari anggaran Kemhan itu dialokasikan untuk belanja pegawai. “Ini karena kami membawahi 460 ribu personil, baik personil militer dan non militer,” kata Purnomo usai apel hari pertama setelah libur lebaran di Gedung Kemhan, Jakarta, Kamis 23 Agustus 2012.

Sisa anggaran yang separuh lagi, lanjut Purnomo, akan digunakan untuk belanja modal dan belanja barang. “Kami yakin anggaran Rp77 triliun untuk pagu 2013 itu akan terserap untuk membangun kekuatan pertahanan,” ujar Purnomo.

Anggaran Rp77 triliun yang diterima Kemhan merupakan yang tertinggi dibanding kementerian-kementerian lain. Namun apabila dilihat secara sektoral, maka Kementerian Pendidikan lah yang mendapat jatah paling besar dari RAPBN 2013, yakni 20 persen.

“Rp77 triliun itu tertinggi kalau dilihat dari segi kementerian atau departemen. Tapi dari sisi sektoral, Kementerian Pendidikan masih yang tertinggi. Anggaran Kemhan pun masih di bawah Kepolisian,” kata Purnomo.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebelumnya berharap, APBN tahun 2013 dapat dikelola secara efisien, efektif, transparan, dan akuntabel, sehingga benar-benar dapat memberikan kontribusi optimal bagi perekonomian nasional. (ren)

Polri Catat 301 Kecelakaan Selama Arus Mudik Lebaran, 26 Orang Tewas
Real Madrid

Real Madrid Jawab Penilaian Buruk Pep Guardiola soal Bernabeu

Madrid membalas Manchester City atas komentarnya mengenai area stadion Bernabeu. Sebelumnya, Pep Guardiola mengkritik kualitas lapangan stadion ikonik tersebut.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024