Aksi Korupsi Rawan Terjadi Jelang Akhir Tahun

Wakil Ketua PPATK Agus Santoso
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Memasuki Triwulan IV-2012, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengingatkan perlunya pemantauan penyerapan anggaran baik itu APBN atau APBD. Pimpinan lembaga diimbau untuk memantau secara seksama rencana penyerapan anggaran seperti telah direncanakan oleh instansi masing-masing.

"Dari data PPATK, dapat dianalisis bahwa korupsi terkait anggaran (APBN/APBD) terjadi karena adanya peluang, yaitu menumpuknya realisasi anggaran di akhir Tahun Anggaran," kata Wakil Kepala PPATK, Agus Santoso kepada VIVAnews.

Menurut Agus, kondisi itu menyebabkan banyak proyek tidak bisa dipertanggungjawabkan tepat waktu di akhir Tahun Anggaran. Akibatnya, timbul tindakan-tindakan extra-legal dari para bendaharawan yang sebetulnya sudah masuk dalam definisi korupsi.

Agus mengambil contoh, tindakan koruptif itu antara lain dilakukan dengan memindahkan dana anggaran APBD ke rekening pribadi para bendaharawan.

"Bisa saja mereka mengaku bahwa tindakan ini adalah untuk menyiasati sistem pertanggungjawaban anggaran yang tidak boleh melewati tanggal 18 Desember, tetapi perbuatan seperti ini, apapun tujuannya, tetap tak bisa ditolerir. Titik pada saat seorang pejabat memindahkan uang negara ke kantong pribadinya, itu sdh masuk definisi korupsi," kata mantan Direktur Hukum Bank Indonesia ini.

Agus menegaskan, modus ini kerap terjadi setiap tahun dan menyebar di seluruh daerah di Indonesia. Kondisi itu dinilai sangat memprihatinkan.

"Oleh karena itu, pengawasan dan pemantauan penyerapan anggaran harus senantiasa dilakukan para pimpinan," tegas Agus.

Sementara, dari data PPATK yang ada, jumlah Hasil Analisis (HA)  PPATK terkait Korupsi secara kumulatif dari tahun 2003 sampai 2012 sebanyak 916 laporan, dan suap 80 laporan. (eh)

Komisi II DPR Dorong Revisi UU Pemilu Awal Periode 2024-2029
Pelatih Arema FC, Widodo Cahyono Putro dan M Rafli.

Arema FC Dalam Motivasi Tinggi Saat Melawan PSM 

Arema FC akan melawan PSM Makassar di pekan ke 33 Liga 1. Laga antara Singo Edan melawan Juku Eja akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Kamis,

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024