Gubernur Pantau Gunung Soputan

Letusan Gunung Soputan
Sumber :
  • Foto: AP Photo/Grace Wakary

VIVAnews - Gubernur Sulawesi Utara Sarundajang mendatangi Balai Pemantauan Gunung Soputan di Tomohon. Gunung ini berstatus Waspada karena meletus, Minggu malam 26 Agustus 2012.

Gubernur pun memantau kondisi terkini pasca letusan Gunung Soputan di Minahasa Selatan tersebut. Berdasarkan laporan PMVG, Soputan meletus pada 21.50 WITA dengan ketinggian asap letusan mencapai 5000 meter dari puncak. Asap letusan kemudian tertiup angin ke arah Utara.

Sarundajang meminta masyarakat tetap tenang, karena pemerintah  terus mengevaluasi perkembangan Gunung Soputan sambil mempersiapkan langkah kontijensi penanggulangan bencana.

"Karena ini terkait beberapa wilayah kabupaten, saya sudah minta seluruh pemerintahan level paling bawah untuk pro aktif di lapangan. Sejauh ini cukup kondusif, masyarakat masih beraktivitas meski harus tetap waspada," kata Sarundajang. (eh)

Anindya Bakrie: Ekonomi RI Kuat Hadapi Krisis Timur Tengah
Gunung Ruang di Sulawesi Utara meletus (Dok BNPB)

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang

BMKG memanfaatkan seluruh sumber daya teknologi untuk mengawasi dan memitigasi potensi tsunami seiring peningkatan status Gunung Ruang di Sulawesi Utara (Sulut).

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024