Polisi Periksa 5 Saksi Bahan Peledak Bandung

Paket Bom Kalibata
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Markas Besar Polri membenarkan penemuan sejumlah bahan peledak oleh seorang warga di sekitar pom bensin Jalan Natuna nomor 87, Bandung, Jawa Barat, Selasa dini hari 28 Agustus 2012 kemarin. Polri sedang memeriksa sejumlah saksi.

"Sudah dilakukan pemeriksaan terhadap 5 orang. Saat ini masih kami lakukan penyelidikan untuk mengetahui pemilik atau dari mana barang itu sehingga ada di lokasi ditemukan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Komisaris Besar Polisi Agus Rianto di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 29 Agustus 2012.

Agus mengemukakan, Polrestabes Bandung akan terus melakukan langkah-langkah untuk menelusuri pemilik ataupun orang-orang yang kemungkinan mengetahui peristiwa itu. Barang-barang yang terdiri dari peluru, granat, detonator dan lainnya itu kini diamankan oleh Satuan Brimob Polda Jawa Barat.

"Mereka punya satuan penjinak bahan peledak," kata dia. Temuan terbesar sepanjang 2012 di Bandung itu cukup mengejutkan.

Temuan barang-barang berbahaya itu berada dalam plastik hitam. Barang-barang itu berisi bahan peledak lengkap dengan detonator, amunisi peluru tajam, dan granat tangan. Polisi menduga kuat bahan peledak itu berdaya ledak tinggi.

Bahan peledak, peluru tajam dan granat itu ditemukan di bak sampah sebuah rumah warga. Lokasi temuan itu tak jauh dari beberapa objek vital seperti SPBU, Markas Kodim, dan gudang Perbekalan Angkutan TNI Angkatan Darat.

Berikut barang-barang yang ditemukan:
1. 2 buah granat nanas buatan Amerika
2. 1 buah TNT satu titik ukuran 50 gram
3. 2 peluru signal
4. 24 buah peluru hampa kaliber 5,56 milimeter
5. 6 butir peluru tajam kaliber 7,62 milimeter
6. 6 butir peluru tajam kaliber 5,56 milimeter
7. 1 butir peluru tajam US Carabong
8. 2 butir peluru tajam kaliber 22 milimeter
9. 1 butir peluru tajam SNB
10. 1 butir peluru tajam kaliber 45 milimeter
11. 9 tabung isian gas air softgun
12. 1 butir peluru hampa kaliber 7,62 milimeter
13. Pin air bon.

Tas Istri Dicuri Hingga Barang Berharga Raib, Pasha Ungu Beberkan Hal Ini
Presiden Joko Widodo saat menjamu para Calon Presiden Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Istana Negara, Jakarta Senin 30 Oktober 2023.

KPU Undang Anies dan Ganjar Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres 2024

KPU RI memastikan juga mengundang Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk menghadiri penetapan pemenang Pilpres 2024 pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024