Akhirnya SBY Perpanjang Masa Jabatan Komnas HAM

SBY mengumumkan pengunduran diri Menkes
Sumber :
  • Biro Pers Istana/ Abror Rizki

VIVAnews - Masa jabatan komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia akhirnya diperpanjang. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya menandatangani perpanjangan masa jabatan komisioner Komnas HAM.

"Tadi malam ditandatangani. Batas waktunya hari ini, agar tidak terjadi kevakuman," kata Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi di sela Hari Kebangkitan Teknologi Nasional di Bandung, Jawa Barat, Kamis 30 Agustus 2012.

Menurut Sudi, permintaan perpanjangan masa jabatan komisioner Komnas HAM itu berdasarkan surat permohonan DPR. Perpanjangan masa kerja itu mulai berlaku hari ini.

Dengan masa perpanjangan itu, kevakuman Komnas HAM bisa dihindari. Lalu, sampai kapan masa perpanjangan itu berakhir? "Sampai ditetapkan komisioner yang baru," kata Sudi.

Komisi III Bidang Hukum DPR sendiri baru bisa menggelar uji kelayakan komisioner Komnas HAM pada pertengahan September 2012. "Jadwal fit and proper test komisioner Komnas HAM pada minggu kedua September," kata anggota Komisi III DPR Saan Mustofa di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Uji kelayakan komisioner Komnas HAM tak dapat langsung dilakukan, karena DPR saat ini masih menerima dan menyaring masukan dari masyarakat. Untuk menerima masukan rakyat saja, menurut Saan, sudah membutuhkan waktu dua minggu. (umi)

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak
Selebrasi gol pemain Borneo FC Samarinda

Andai Tak Ada Championship Series, Borneo FC Sudah Juara Liga 1 Musim Ini

Borneo FC Samarinda telah memastikan diri juara Liga 1 musim 2023/24. Namun, itu jika championship series tidak diterapkan musim ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024