Kisah Ajudan Tentang Sosok Jokowi

Usai Mencoblos, Mega dan Jokowi Gelar Jumpa Pers
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama menang dalam perhitungan cepat yang dilakukan beberapa survei mengalahkan calon incumbent Fauzi Bowo.

Warga Jakarta mengenal sekilas sosok Jokowi sebagai orang yang sederhana dan merakyat. Tetapi bagaimana keseharian Jokowi mulai dari bangun tidur, bekerja hingga tidur kembali?

Ajudan Pribadi Jokowi, namanya Untoro, menceritakan bagaimana kesibukan Walikota Solo itu dalam mengikuti Pilkada DKI Jakarta. Mulai dari putaran pertama hingga putaran kedua.

"Bapak orangnya sederhana sekali, kalau misalnya diajak makan, dia pasti ngajak ajudannya untuk satu meja, tidak mau sendiri-sendiri. Tidak ada makanan favoritnya bapak, semua makanan enak menurut bapak," ujar Untoro, Kamis 20 September 2012.

Selama di Jakarta, kata Untoro, Jokowi tidak pernah berpergian ke pusat perbelanjaan. Tempat-tempat yang sering dikunjunginya yakni perumahan padat penduduk dan kawasan pinggiran kali.

Pengakuan Sales yang Mobil Jualannya Ditabrakkan Anak Kecil di Mall

Setiap kali ke Jakarta, Jokowi selalu makan di warung tegal (warteg). Bahkan para ajudan sempat bercanda untuk memilih tempat makanan lain selain warteg.

Selama di mobil pribadi Jokowi, kata Untoro, dia tidak pernah membicarakan rivalnya dalam Pilkada putaran kedua. Jokowi, dia menambahkan, bukan seorang yang suka membicarakan orang lain.

Selama di dalam mobil, Jokowi lebih senang menghabisi waktunya dengan membaca koran dan perkembangan pilkada di media cetak, online, dan elektornik. Hari ini saja contohnya, Jokowi sempat berdiskusi tentang euforia pilkada kepada semua orang yang ada di dalam mobil Innova berwarna putih itu.

"Bapak sedang sakit pilek, baru kali ini saya lihat bapak sakit, soalnya tidak pernah mengeluh selama muter-muter Jakarta," kata dia.

Diceritakan Untoro, dia seorang ajudan yang bukan berasal dari anggota kepolisian, hanya anggota dari masyarakat yang direkrut oleh Jokowi untuk menemani perjalanan selama menjadi Walikota.

Untoro mengaku bangga dan senang saat Jokowi dinyatakan sebagai pemenang meski dalam penghitungan cepat bukan keputusan tetap oleh KPU DKI. Bahkan, dia seperti kehabisan kata, ketika melihat masyarakat Jakarta menyukai sosok rendah hati Jokowi.

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Airlangga Pede Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh di Atas 5 Persen

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto optimistis ekonomi RI pada kuartal I-2024 akan tumbuh di atas 5 persen.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024