Angkasa Pura Larang Penjualan Sirip Hiu di Bandara Soekarno-Hatta

Sirip ikan hiu
Sumber :
  • mydoubts.net

VIVAnews – PT Angkasa Pura melarang penjualan sirip hiu di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Kebijakan ini keluar setelah muncul petisi change.org/TutupTokoCrown dari warga Singapura, Glenton Jelbert.

“Kami telah menindaklanjuti informasi adanya penjualan sirip hiu di Bandara Soekarno Hatta oleh mitra PT Angkasa Pura dengan menegur dan melarang kegiatan itu,” kata Vice President Airport Business PT Angkasa Pura, Deni Krisnowibowo, dalam rilis yang diterima VIVAnews, Kamis 27 September 2012.

Penjualan sirip hiu itu sebelumnya dilakukan oleh Toko Crown yang terletak di Terminal D Bandara Soekarno Hatta. Toko itu menawarkan sirip hiu dalam produk “Indonesia Specific Marine Products” yang dijualnya.

Data World Wildlife Fund (WWF) menyebutkan, saat ini 181 spesies hiu terancam punah. Glenton Jelbert pun berang dengan penjualan sirip hiu itu sehingga saat hendak pulang ke Singapura dari Soetta, ia memperoleh gagasan untuk menyusun petisi yang kemudian berhasil menghimpun dukungan hingga 1.523 orang.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC

Undang Pujian

Kini kelompok pecinta binatang, Jakarta Animal Aid Network, telah mengirim kabar kepada Jelbert bahwa produk “sirip hiu” telah dicoret dari Toko Crown. Jelbert pun memuji pemerintah Indonesia yang bersikap progresif dan positif dengan menerima petisinya. “Saya berharap kita memakai kemenangan ini untuk menghasilkan kesadaran yang lebih besar,” kata dia.

Angkasa Pura juga menyatakan mendukung program pelestarian lingkungan, dan berkomitmen menjaga flora dan fauna yang dilindungi. Direktur Komunikasi Change.org Indonesia, Arief Aziz, mengatakan penjualan sirip hiu adalah isu global, dan petisi Jelbert menjadi contoh bagus bagaimana warga dunia berpartisipasi menyelamatkan lingkungan dengan satu langkah inisiatif.

Keberhasilan petisi Jelbert ini, menurut Arief, adalah satu kemenangan kecil. Petisi Jelbert juga didukung oleh model Nadya Hutagalung, pendiri greenkampong.com. “Setiap kali melewati toko ini, saya selalu mengambil gambar toko itu dan men-tweet-nya untuk menyebarkan kesadaran,” kata dia.

Sosok Abu Shujaa, Komandan Perang Al Quds yang 'Bangkit' dari Kematian
Ilustrasi game changer.

Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Game changer merupakan istilah yang mengacu pada perubahan atau inovasi yang mendasar dalam industri atau pasar yang mengubah dinamika yang ada dan ciptakan standar baru.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024