Sultan: Tawuran Pelajar Akibat Pembiaran

Sri Sultan Hamengku Bawono X.
Sumber :
  • Antara/ Regina Safri

VIVAnews - Tawuran pelajar kerap menelan korban jiwa. Bukan hanya di Ibukota, aksi tawuran juga terjadi di berbagai derah di Indonesia. Untuk mengantisipasi maraknya tawuran pelajar di wilayah DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X meminta pihak berwajib menindak tegas pelajar yang terlibat aksi tawuran, baik dalam skala besar atau kecil.

"Bara yang ada harus ditangani dengan tegas, agar nantinya tidak membesar," kata Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Jumat, 28 September 2012.

Timbulnya korban jiwa dalam aksi tawuran pelajar di Jakarta lantaran letupan-letupan kecil yang telah terjadi selama ini dan tidak ditangani dengan baik. Sehingga, para pelajar merasa mendapat pembiaran, dan kemudian melakukan tawuran dengan skala lebih besar dan membahayakan.

"Mungkin kalau di Jakarta mereka merasa dibiarkan saja, sehingga kemudian muncul tawuran yang lebih besar dan meminta korban jiwa," katanya.

Untuk itu, Sultan kembali menegaskan, agar semua pihak terkait, baik sekolah, dinas pendidikan, dan kepolisian untuk sesegera mungkin menangani dan menindak tegas pelajar yang terlibat tawuran, meski dalam skala kecil.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIJ, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, untuk mencegah tawuran dan sikap berandalan dari para pelajar, harus dilakukan dengan memberi pendidikan karakter kepada peserta didik sejak dini. Selain itu, murid harus dibekali dengan pendidikan berbasis kebudayaan.

"Kami selalu menekankan kepada para kepala sekolah untuk menanamkan nilai-nilai budaya lokal kepada anak didiknya. Sebab, itu merupakan obat mujarab untuk mencegah aksi kekerasan di kalangan pelajar," ujarnya

Selain memberikan pendidikan karakter, cara efektif lain untuk mencegah tawuran pelajar adalah dengan cara mempertemukan antar siswa yang mempunyai potensi untuk terlibat twuran. Kemudian diajak berdialog dan memberikan pemahaman kepada mereka, agar tertanam sikap
toleransi dan tepo seliro.

"Tapi ini tidak bisa diserahkan kepada sekolah sepenuhnya. Orangtua dan masyarakat juga harus terlibat membina mereka," katanya. (umi)

Mengungkap Misteri: 4 Zodiak Paling Rumit dalam Astrologi
Pemain Arsenal, Leandro Trossard jebol gawang FC Porto

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Leandro Trossard menegaskan bahwa Ben White bermaksud mencetak gol keduanya dalam kemenangan Arsenal atas Chelsea, meskipun ada pertanyaan apakah itu sebuah kesalahan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024