Kemarau Panjang Hutan Terbakar, Warga Jambi Salat Minta Hujan

Kebakaran hutan
Sumber :
  • jabarprov.go.id

VIVAnews - Bupati Tanjung Jabung Timur, Zumi Zola bersama ratusan warga, tokoh masyarakat dan pegawai negeri sipil menggelar salat istisqa atau salat minta hujan, Senin 1 Oktober 2012.

Salat istiqsa dipanjatkan karena kemarau selama hampir empat bulan terakhir terjadi di Tanjung Jabung Timur, Jambi. Selain itu, kebakaran hutan yang terjadi di Provinsi Jambi juga sudah sangat mengkhawatirkan.

Kepala Bagian Humas Pemkab Tanjung Jabung Timur, Zekki Zulkarnain menyatakan, Bupati Zumi Zola telah memerintahkan seluruh warga Tanjung Jabang Timur untuk melakukan salat istisqa.

"Kami berharap salat istisqa ini juga bisa dilakukan masyarakat di tingkat kecamatan dan desa. Mudah mudahan bisa segera turun hujan," katanya.

Menurut dia, akibat musim kemarau dan kebakaran hutan, tingkat udara di Jambi khususnya di Tanjabtim menjadi tidak sehat.

Viral Pungli di Trotoar Depan Gedung DPR, Heru Budi: Sudah Ditertibkan

Pemkab Tanjabtim juga tengah berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait akibat kabut asap di daerah itu. Koordinasi mulai dari upaya pemadaman kebakaran hutan. "Begitu juga dengan imbauan gubernur Jambi apabila kondisi udara tidak sehat, maka anak anak sekolah khususnya TK dan SD untuk diliburkan," jelasnya.

Ia berharap, dengan digelarnya salat istisqa oleh warga, kondisi kemarau bisa segera berakhir. Sehingga kekeringan maupun pekatnya kabut asap akibat kebakaran hutan di daerahnya cepat menghilang.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjabtim, Samsiran menyebutkan sedikitnya 360 kasus infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) selama tiga bulan terakhir di daerah itu.

Menurut dia, kasus ISPA itu lebih disebabkan kondisi udara yang pekat karena kabut asap. "Sebagian besar penderitanya adalah anak-anak dan lanjut usia," katanya.

Suratman, 37 tahun, salah seorang PNS di Pemkab Tanjabtim mengatakan, kondisi asap di Tanjabtim terlihat semakin pekat pada tiga hari terakhir. Apalagi saat pagi hari, jarak pandang paling 200 meter.

"Anak saya yang masih SD juga sering mengeluh mata pedih, mungkin karena asap yang semakin tebal. Namun sampai hari ini masih masuk sekolah," ujarnya.

Sekitar 1.300 hektar lahan dan hutan di Jambi hangus terbakar. Kabut asap yang melanda juga telah mengganggu aktivitas penerbangan di Jambi, khususnya saat pagi hari karena jarak pandang di bawah normal. (umi)

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono mengunjungi Gereja Katedral.

Rencana Food Estate di Kepulauan Seribu, Heru Budi Bilang Begini

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menjelaskan perencanaan pembangunan lumbung pangan atau food estate di Kabupaten Kepulauan Seribu untuk keberlangsun

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024