Eks Napi Bom Bali I Juga Gelar Doa Bersama

Mantan terpidana kasus bom Bali I, Joko Tri Harmanto
Mantan terpidana kasus bom Bali I, Joko Tri Harmanto
Sumber :
  • Fajar Sodiq (Solo)

VIVAnews - Peringatan 10 tahun bom Bali I diperingati hari ini di Garuda Wisnu Kencana, Jimbaran Bali. Sementara di Solo, eks narapidana bom Bali I menggelar doa untuk trio bomber Bali yang telah dihukum mati.

Panitia kegiatan tersebut, Yuli Sya'ban mengatakan selain melakukan refleksi, kegiatan pertemuan para bekas narapidana bom Bali juga untuk menggelar doa bersama  untuk Amrozi, Muklas dan Imam Samudera pelaku bom Bali.

"Doa tersebut dilakukan di beberapa tempat secara terpisah," ucap dia, Jumat 12 Oktober 2012.

Sementara itu, salah satu mantan terpidana kasus bom Bali I, Joko Tri Harmanto mengatakan sejumlah jamaah yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Mujahid berencana melakukan refleksi. "Jumlah anggota ada sekitar 40 orang. Mereka rutin berkumpul untuk berdiskusi," kata dia yang juga koordinator Forum Mujahid wilayah Jawa Tengah.

Dari jumlah anggota forum tersebut, tidak semuanya bekas narapidana bom Bali I, tetapi ada juga eks pelaku bom Bali II, bom Atrium, bom JW Mariot, Mindanao, eks pelaku konflik Ambon dan Poso.

"Untuk pertemuan yang nanti akan diisi dengan refleksi kegiatan jihad di tanah air," ujar dia yang pernah mendekam di penjara dari 2004 hingga 2008.

Anggota forum tersebut saat ini banyak yang bergerak di bidang dakwah dan wirausaha. Ia sendiri saat ini aktif berwirausaha dalam bidang kuliner dan konveksi.

Ketika disinggung mengenal keterlibatannya dalam bom Bali I, ia mengaku tidak pernah menyesal dalam kasus itu. Meski demikian, Joko berharap kepada kelompok teror yang ada saat ini supaya menahan diri  tidak melakukan tindakan serupa.

Seperti diketahui, Joko Tri Harmanto alias Harun alias Jack terpidana 6 tahun dalam kasus bom Bali I. Ia dinyatakan bersalah karena menyembunyikan Noordin M Top dan Dr Azahari. (umi)