9 Anggota Baru Dewan Pers Diumumkan 21 Desember

Bagir Manan
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pengumuman sembilan anggota Dewan Pers periode 2013-2016 tidak hari ini, tetapi pada 21 Desember 2012. Alasannya, masih banyak yang harus diteliti lebih dalam lagi.

Hal itu diutarakan oleh Ketua Badan Pekerja Pemilihan Anggota Dewan Pers Periode 2013-2016, Priambodo R.H, di Kantor Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Desember 2012.

"Kenapa pengumuman ditunda, karena Dewan Pers itu hati-hati. Kami tadi membahas adanya masukan, tanggapan, sanggahan hingga dukungan dari publik terhadap 18 nama calon. Ada satu dua email penolakan terhadap nama calon, jadi kami harus hati-hati," kata Priyambodo.

Golkar Sambut Baik PAN Jagokan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024

Badan Pekerja, menurut Priyambodo, menerima 91 tanggapan dari publik, baik yang dikirim melalui email, faks maupun diantarkan langsung. Termasuk tanggapan dari organisasi profesi dan komunitas berupa usulan agar Dewan Pers memperhatikan keterwakila perempuan. "Dalam statuta Dewan Pers memang tidak mengatur soal keterwakilan perempuan, namun ini penting. Kami akan usulkan Dewan Pers periode mendatang mengatur soal ini," kata dia.

Dalam rapat hari ini juga dibahas mengenai komposisi Dewan Pers yang sebaiknya mewakili semua unsur media. Baik televisi, media cetak, online hingga unsur perusahaan pers. "Kalau unsur wartawan sudah jelas, namun sempat menjadi bahan diskusi saat menyebut tokoh masyarakat, karena ada yang awalnya juga jurnalis," katanya.

BYD Tak Akan Terjun ke Dunia Sepeda Motor

Karena Badan Pekerja ingin pemilihan sesuai asas musyawarah dengan dengan hasil ideal, maka pengumuman ditunda tanggal 21 Desember. "Tanggal 21 kami umumkan sembilan nama itu," ujarnya.

Lalu, rapat yang pemilihan yang dimulai pada pukul 10.00 dan berakhir pukul 14.30  tanggapan publik terhadap delapan belas nama yang terpilih. Simulasi itu mereka lakukan untuk memilih anggota yang lebih baik.

Pendaftaran calon anggota Dewan Pers periode 2013-2016 yang dibuka dari tanggal 20 November 2012-5 Desember 2012 telah menghasilkan 38 nama yang berasal dari unsur wartawan, perusahaan pers, dan tokoh masyarakat (yang dekat dengan pers). Lalu, ketiga puluh delapan itu diseleksi menjadi delapan belas nama.

Berikut 18 calon anggota Dewan Pers:
A. Unsur Wartawan
1. Heru Hendratmoko
2. Imam Wahyudi
3. Jamdul Ihsan
4. Marah Sakti Siregar
5. Margiono
6. Nezar Patria

B. Unsur Perusahaan Pers
1. Agung Adiprasetyo (SPS)
2. I MK Ray Wijaya (IJTI)
3. Jimmy Silalahi (ATVLI)
4. Judy Djoko Wahjono Tjahjo (Radio)
5. M. Ridho Elsy (SPS)
6. Sukarni Ilyas (ATVSI)

C. Unsur Tokoh Masyarakat
1. Ade Armando
2. Agus Sudibyo
3. Bagir Manan
4. Ninok Leksono
5. Rustam Fachri Mandayun
6. Yosep Adi Prasetyo.

OJK Godok Aturan Bank Emas

(eh)

PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) [dok. IWIP]

Kasih Ruang Karier dan Promosikan Puluhan Ribu Karyawan, Intip Strategi IWIP

PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) menegaskan komitmen untuk selalu memberikan kesempatan dan ruang bagi karyawan yang ingin belajar, hingga berkembang maju.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024