Rizal: Andi Tak Terlibat Tender Proyek Hambalang

Rizal Mallarangeng.
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Rizal Mallarangeng yakin kakaknya, Andi Mallarangeng, tidak terlibat dalam tender Hambalang yang menyebabkan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini menjadi tersangka kasus korupsi.

Rizal berpendapat inti korupsi pembangunan pusat olahraga terpadu di daerah Bogor, Jawa Barat ini terdapat pada kongkalikong BUMN yang menjadi pelaku tender dan konsultan perencana proyek.

Dana Rp1,2 triliun yang diajukan Adhi Karya diduganya sudah mengandung mark up hingga ribuan persen. Sedangkan kakaknya tidak tahu sama sekali detail mark up yang dilakukan.

"Tidak mungkin dan memang tidak boleh tahu. Panitia lelang itu dilindungi undang-undang untuk independen. Kalau Andi tanya, justru melanggar hukum," ucap Rizal saat ditemui di Freedom Institute, Jalan Proklamasi, Jumat, 4 Januari 2013.

Andi sebagai Menpora waktu itu adalah orang di luar proyek, sehingga tak berhak sedikit pun tahu tetek bengek, termasuk nominal yang diajukan Adhi Karya.

Apalagi, Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang diajukan ke Ditjen Anggaran dan Kementerian Keuangan, juga tak merinci hingga detail satuan harga per unit barang. "Itu sealed envelope. Menteri pun nggak bisa 'menggaruk-garuk' RAB," kata Rizal.

Direktur Eskekutif Freedom Institute ini menyatakan Kemenpora yang mengajukan anggaran tak berarti mengetahui awal mula perencanaan anggaran itu. Ia menegaskan, oknum BUMN pelaku tenderlah yang memainkan nilai proyek sehingga nominal proyek Hambalang meroket setinggi langit.

Rizal mengakui kakaknya mengetahui saat anggaran Hambalang naik dari Rp125 miliar menjadi Rp2,5 triliun meskipun tanda tangannya tidak tercantum pada nota proyek. Andi juga mengetahui soal usul perubahan dana dari single year ke multi years.

"Bukan cuma tahu soal perubahan nilai anggaran, tapi dia juga setuju dan ikut memperjuangkan. Tapi yang korupsi kan saat pelaksanaan. Saat memanggil pemborong dan mereka mark up, apakah bisa disalahkan? Kalau kewenangannya disalahgunakan orang lain bagaimana?" ujar dia. (umi)

Jaksa Sebut SYL Bayar Tagihan Kartu Kredit Ratusan Juta Pakai Uang Hasil Korupsi di Kementan
Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi

Mantan Kasubag Rumah Tangga Biro Umum dan Pengadaan Kementan, Isnar Widodo turut mengungkapkan ada permintaan reimburse untuk biaya ultah cucu SYL ke Kementan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024