Kepala PPATK: Tak Ada Niat Menyerang PPP

pemberangkatan calon jemaah haji maluku
Sumber :
  • ANTARA/Izaac Mulyawan

VIVAnews - Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Muhammad Yusuf, menyampaikan penjelasan soal laporan dugaan penyimpangan pengelolaan dana Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) di hadapan anggota fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Menurut Yusuf, telah terjadi kesalahpahaman atas laporan lembaganya yang kemudian dianggap 'menyerang' Suryadharma Ali, Menteri Agama sekaligus Ketua Umum PPP.

"Tidak ada niat saya menyerang PPP. Tapi kalau ada tafsir seperti itu, saya tidak tahu. Tapi tidak ada niatan, terpikir pun untuk menyerang PPP, tidak," kata Yusuf, di gedung DPR, Jakarta, Rabu 9 Januari 2013.

Yusuf bahkan menegaskan, pihaknya tak pernah sekali pun menyebut nama tertentu di Kementerian itu. PPATK hanya mengatakan berdasarkan penelusuran, ada yang masuk ke rekening pribadi dan ada yang dipakai beli kendaraan.

"Kami tidak menyebut petinggi Kemenag. Makanya saya heran kenapa reaksinya keras," katanya.

PPATK tengah melakukan audit terhadap Penyelenggaraan Ibadah Haji yang dikelola Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kementerian Agama.

Di antara beberapa penyimpangan yang dilakukan dalam penyelenggaraan haji adalah terkait penukaran valuta asing oleh Kementerian Agama. Menurut Yusuf, ada oknum yang diperintahkan Kemenag untuk membeli valas dalam jumlah besar.

Selain itu, dalam pelaksanaan juga ada uang dalam jumlah rupiah yang seharusnya digunakan untuk penyelenggaraan ibadah Haji, tetapi digunakan untuk merehabilitasi kantor dan membeli kendaraan operasional.

PPATK juga menyoroti bank yang dipilih  untuk menyimpanan ONH jamaah. Bank yang dipilih untuk menyimpan ONH itu seharusnya dijelaskan, sebab hal itu berpengaruh dalam besaran bunga ONH. "Kami tidak melihat parameter bank itu. Kami minta standarisasi, kenapa misalnya pilih bank X bukan Y," kata Yusuf. (eh)

Indonesia Bakal Punya Bullion Bank, Apa Untungnya?
Duel Jakarta LavAni vs Jakarta STIN BIN dalam lanjutan Proliga

Venue Final Four Proliga 2024 Pindah ke Surabaya dan Semarang

Venue final four Proliga 2024 dipindahkan ke Surabaya dan Semarang. DBL Arena Surabaya dan GOR Jatidiri Semarang yang akan menjadi lokasi perhelatan pada Juli 2024.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024