Buleleng Tolak Tawaran Pendanaan Bandara oleh Air Asia

Bandara Ngurah Rai Bali
Sumber :

VIVAnews – Maskapai penerbangan Air Asia tertarik mendanai pembangunan bandara baru berkelas internasional di Kabupaten Buleleng, Bali. Rencananya, Bali memang ingin membangun satu bandara berkelas internasional lagi di kawasan Bali utara itu.

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

Hanya saja, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana menolaknya. Dia lebih memilih PT Angkasa Pura yang menggarap proyek prestisius tersebut.

“Saya lebih mementingkan rasa nasionalisme ketimbang keuntungan semata. Buat saya nasionalisme itu jauh lebih penting,” ujar Agus usai merayakan HUT ke-40 PDIP di Kantor PDIP Bali, Kamis 10 Januari 2013.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan

Air Asia, ujar Agus, dalam paparannya menginginkan agar Bandara Buleleng nantinya dapat menjadi hangar atau area parkir bagi sekitar 50 unit pesawat maskapai asal Malaysia itu. Tujuannya, Agus menjelaskan, agar rute penerbangan ke semua rute internasional dapat semakin murah.

Namun ia berharap agar PT Angkasa Pura mau serius menggarap proyek tersebut. “Minggu lalu saya sudah bertemu Presiden Komisaris Angkasa Pura dan Menteri ESDM, Jero Wacik. kami membahas rencana pembangunan bandara di Buleleng," ujar Agus.

Membintangi Drakor Populer The Matchmakers, Inilah Profil dan Fakta Tentang Jung Shin Hye!

Kendati demikian, sejauh ini Agus belum mengetahui di mana titik pembangunan bandara tersebut. Hanya saja, ia berharap segera akan ada keputusan final tentang penentuan titik lokasi dari pemerintah pusat.

“Sementara ini masih dalam studi kelayakan,” ujar dia. "Lokasi masih dalam kajian. Kan tidak mudah menentukan lokasi bandara, sebab ini menyangkut berbagai aspek seperti keselamatan dan aspek sosialnya. Kita tidak ingin ada pesawat nanti yang jatuh," selorohnya.

Selain itu, hal yang masih dalam pembicaraan intensif juga terkait permodalan dalam membangun bandara tersebut. Hingga saat ini, Agus menyebut jika hal itu masih dalam pembahasan dengan pihak terkait.

“Termasuk apakah nantinya Pemkab Buleleng akan berinvestasi atau tidak, masih kita pikirkan,” ujar Agus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya