Gus Dur Dapat Penghargaan "The Indonesian Peoples National Hero"

Gus Dur Jaminkan Diri Untuk Bibit-Chandra
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – Mantan Presiden RI, Abdurrahman Wahid, mendapat penghargaan "The Indonesian Peoples National Hero" dari Yayasan Anand Asram Ubud, Bali. Penghargaan itu diberikan atas kiprah Gus Dur dalam menegakkan hak-hak sipil di Indonesia.

"Kiprah beliau yang menyebarkan cinta kasih di dunia itu menjadi pertimbangan kami dalam memberikan penghargaan ini," kata Ketua Yayasan Anand Adram, Wayan Sayoga, Selasa 15 Januari 2013.
 
Menurut Sayoga, Gus Dur tak pernah lelah memperjuangkan hak-hak sipil dan menyebarkan nilai cinta kasih terhadap sesama. "Masyarakat Indonesia, bahkan dunia tahu betul bagaimana kiprah mendiang Gus Dur terhadap hal ini. Gus Dur juga tidak pernah melihat perbedaan, sebaliknya, justru persamaan yang dirajut,"katanya.
 
Pemikiran almarhum Gus Dur, sambung Sayoga, sejalan dengan apa yang selama ini diperjuangkan oleh tokoh spiritualis lintas agama, Anand Krishna. "Yakni menyebarkan nilai-nilai perdamaian, cinta kasih, dan kepedulian terhadap sesama," papar Sayoga.
 
Acara penganugerahan ini dihadiri oleh Pangdam IX Udayana, Mayor Jenderal Wisnu Bawa Tenaya, dan tokoh spiritual Hindu, Ida Pedanda Made Gunung. Selain itu, juga hadir Innayah Wulandari Wahid, putri Gus Dur yang mewakili keluarga untuk menerima langsung penghargaan kepada ayahnya itu.

Selain Gus Dur, Anand Asram juga memberikan penghargaan untuk Innayah Wulandari Wahid sebagai "Ammbasador for Global Harmony". "Penghargaan sebagai duta perdamaian dunia diberikan atas kiprah Innayah yang mengumpulkan pemuda lintas suku dan agama di Bali untuk merajut Indonesia yang lebih baik," kata Sayoga.
 
Inayah mengaku terkejut atas penghargaan yang diterimanya. Cucu Pendiri Nahdatul Ulama (NU), KH Hasyim Asyari ini, mengaku tak menyangka bakal menerima penghargaan itu. "Saya terkejut tidak menyangka. Saya hadir hanya untuk menerima penghargaan kepada ayah saya. Tidak tahunya saya juga mendapat penghargaan," imbuhnya.
 
Menurut Innayah, sebagai anak Gus Dur, ia berharap siapa pun dapat terus memperjuangkan cita-cita dan pemikiran bapaknya untuk membangun bangsa dan negara tanpa semangat perbedaan. "Sebaliknya, kita harus mengedepankan persamaan. Kalau ngomongin perbedaan banyak sekali," kata dia.
 
Kendati begitu, ia mengaku sedikit kecewa karena pemikiran Gus Dur mulai ditinggalkan pemimpin negeri ini dalam membangun bangsa. "Masih banyak PR (Pekerjaan Rumah) di negeri ini. Satu belum selesai, malau mau diubah lagi," kata dia.

Syamsuddin Haris Heran Albertina Ho Dilaporkan ke Dewas, Sindir Dugaan Etik Nurul Ghufron
Pisces

4 Tanda Zodiak Paling Sederhana dan Humble, Apakah Kamu Termasuk dalam Daftar Ini?

Ada beberapa tanda zodiak yang dikenal karena sifat-sifat sederhana dan kerendahan hati yang membuat mereka menonjol di antara yang lain. Salah satunya yaitu Virgo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024