DPR Diminta Tetap Utamakan MUI Soal Sertifikasi Halal

Logo halal MUI
Sumber :

VIVAnews - Forum Ukhuwah Islamiyah meminta DPR, yang tengah mempertimbangkan Rancangan Undang-undang tentang Jaminan Produk Halal (RUU JPH), bersikap kritis dan cermat dalam menyerap aspirasi umat Islam terkait penyelenggaraan jaminan produk halal. Organisasi itu menyatakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) masih menjadi lembaga yang terpercaya dalam menyatakan halal tidaknya suatu produk. 

Koordinator forum, Makruf Amin, mengatakan masalah jaminan produk halal dapat berpotensi memecah belah dan membingungkan umat, bila pelaksanaanya ditangani oleh beberapa lembaga atau organisasi Islam. Oleh karenanya, dia meminta DPR tidak membuka peluang perbedaan di kalangan umat Islam.

"Umat Islam sejak lama telah mengakui dan menerima posisi MUI sebagai satu-satunya lembaga keagamaan Islam yang memiliki kewewenang dalam menyelenggarakan sertifikasi produk halal untuk dikukuhkan dalam RUU JPH," kata Makruf di gedung MUI, Jakarta, Sabtu, 16 Februari 2013.

Menurutnya, pimpinan ormas Islam telah mempercayakan kepada MUI sebagai wadah bersama umat Islam untuk menjalankan sertifikasi halal di Indonesia. MUI juga, lanjutnya, sudah teruji dan dipercaya dalam menjalankan sertifikasi halal selama 24 tahun lebih. Bahkan lebih jauh dia menyatakan, MUI telah memiliki standar yang menjadi acuan produk halal secara internasional.

"Pimpinan dan segenap anggota Ormas Islam berpendirian bahwa kewenangan menjalankan sertifikasi halal harus tetap dijalankan MUI," terangnya.

Monopoli Positif

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Makruf, yang juga Ketua MUI, membantah penyelenggaraan sertifikasi produk halal yang selama ini ditangani MUI sebagai bentuk monopoli. Menurut Makruf, MUI merupakan representasi semua Ormas Islam dan bukan hanya satu aliran.

"Jadi kalau dibilang itu monopoli, monopoli positif. Monopoli Ormas Islam," ujarnya. Makruf juga menegaskan bahwa pelaksanaan sertifikasi halal ini bebas kepentingan lembaga manapun, sehingga obyektifitasnya bisa dipertanggungjawabkan. (ren)

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024