Akan Serang Polres Paniani, 2 Anggota OPM Ditangkap

Dua tersangka teror di Jayapura, Papua, Agustus 2011 ditangkap
Sumber :
  • Antara/ Marcelinus Kelen

VIVAnews - Polda Papua mengklaim telah menangkap dua anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Kampung Ayaigo Distrik Kebo Kabupaten Paniai, Selasa 26 Febuari 2013. Kedua anggota OPM ini ditangkap aparat gabungan TNI dan Polri setelah menebar teror kepada masyarakat.

"Kedua orang dengan inisial AG dan PG masih dalam pemeriksaan," kata Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes I Gede Sumerta Jaya. Dia menambahkan, kedua orang ini berasal dari OPM kelompok John Yogi yang beroperasi di wilayah Paniani.

Menurut Sumerta, selain mengancam masyarakat, kedua orang ini akan menyerang kantor polisi di Paniani. "Mereka mengancam warga dan berencana menyerang Polres Paniai," kata Sumerta.

Dua Anak-anak Sempat Terjebak di Dalam Toko Bingkai yang Kebakaran

Dari tangan kedua orang ini, aparat berhasil menyita satu unit HT, satu buah amunisi caliber 7,56 milimeter, telepon genggam, dua tanda pengenal, dan anyaman dengan motif bintang kejora.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Tito Karnavian mengatakan, kelompok OPM Paniai ini berencana melakukan penyerangan. Namun dapat terdeteksi. "Mereka sepertinya terinspirasi dengan peristiwa di Puncak, sehingga ingin melakukan hal yang sama. Tapi kami bersama TNI dapat mendeteksinya," kata Tito.

Pada Kamis pekan lalu, terjadi serangan di dua tempat berbeda oleh kelompok bersenjata, yaitu di Tingginambut, Puncak Jaya, dan Sinak, Kabupaten Puncak. Delapan tentara dan empat warga sipil tewas dalam dua serangan tersebut. Tak hanya itu, kawanan bersenjata juga menembaki helikopter yang berusaha mengevakuasi jenazah tentara yang gugur.

Menurut Komandan Pangkalan Udara Jayapura Kolonel Dyah Yudanardi, dua helikopter Super Puma milik TNI Angkatan Udara itu kini tengah dalam perbaikan. "Dua heli masih di hangar Lanud Jayapura untuk perbaikan dan menunggu suku cadang dari Jakarta atau Bandung," ujar Dyah Yudanardi. (umi)

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Wira

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

Tiga orang yang diduga membunuh R (35), wanita yang ditemukan tewas dengan wajah hancur di Dermaga Ujung Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan ditangkap. R diketahui warga

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024