TNI AU Kerahkan Hercules Sebar Soal UN ke 11 Provinsi

Mendikbud M. Nuh
Sumber :
  • ANTARA/Dhoni Setiawan
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri mengawal pengiriman naskah soal ujian nasional (UN) yang pendistribusiannya sempat tertunda ke-11 provinsi di Indonesia. Percepatan pengiriman naskah akan dilakukan Kamis 18 April 2013 menggunakan beberapa pesawat dari TNI Angkatan Udara.
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

"Jadi, ada disiapkan beberapa pesawat Hercules, yang sudah siap empat unit. Lalu, ada satu pesawat Fokker dan satu pesawat Boeing 737. Beliau pun menyanggupi kalau diperlukan lagi akan bisa ditambah dua pesawat lainnya yang ada di lingkungan TNI AU maupun Polri," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa 16 April 2013.
Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

M Nuh mengatakan, dalam pertemuan tadi, Presiden SBY juga berpesan untuk memastikan naskah-naskah soal UN dapat sampai ke sekolah-sekolah tepat waktu. Polri juga diperintahkan untuk mengawal naskah tersebut hingga ke tingkat kabupaten.
5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

"Presiden minta pastikan untuk UN tingkat SMP pada Senin 22 April tidak terjadi pemunduran, harus tepat waktu. Kami juga menyampaikan ikhtiar yang kami lakukan untuk memastikan tepat waktu tidak harus dipilah timur, tengah, dan barat, bisa serentak. Apalagi TNI AU, Polri akan membantu distribusi naskah," ujar dia.

Selain itu, SBY mengingatkan M Nuh menginvestigasi masalah ini. Investigasi dari proses pengadaan barang dan jasa, sisi kepanitiaan dan pelaksana, hingga masalah percetakan.

"Tadi, saya telah melaporkan ke Presiden bahwa Kemendikbud telah membentuk tim investigasi itu, yang dikoordinasi langsung oleh dirjen. Dalam waktu dekat kami akan menyampaikan hasil investigasi tersebut," ujar dia. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya