Menteri Agama: Pertumbuhan Masjid di Indonesia Paling Rendah

Pembangunan Masjid di Pasirkole
Sumber :
  • http://dejangkar.blogspot.com

VIVAnews - Menteri Agama Suryadharma Ali mengungkapkan, pertumbuhan masjid di Indonesia dalam 20 tahun terakhir, paling rendah dibandingkan tempat ibadah agama lain.

Hal itu dikatakan Suryadharma saat memberikan sambutan dalam pembukaan Munas III Front Pembela Islam di Asrama Haji Bekasi, Kamis malam 22 Agustus 2013. Kata Suryadharma, pertumbuhan masjid dalam 20 tahun ini hanya sebesar 64 persen.

"Angka itu cukup jauh dibandingkan gereja Katolik yang mencapai 133 persen, gereja Protestan 153 persen, rumah ibadah Hindu 350 persen dan tempat ibadah umat Buddha wihara 450 persen," kata Suryadharma Ali.

Rendahnya pertumbuhan masjid, katanya, lebih disebabkan faktor kemiskinan. Maka tidak aneh banyak ditemui pengumpulan dana pembangunan masjid masih dilakukan dengan cara turun ke jalan.

"Kalau ngecrek, baru bisa dapat dana bangun dalam 4 hingga 6 tahun. Sehingga kalau selesai dan diresmikan struktur bangunannya sudah rapuh," katanya.

Namun sayang, Suryadharma mengaku kementeriannya tidak punya dana yang banyak untuk membantu pertumbuhan masjid maupun tempat ibadah umat agama lain di Indonesia.

Hubungan Tak Baik, Ruben Onsu dan Jordi Onsu Sudah Setahun Tak Berkomunikasi

"Kementerian tidak mempunyai kemampuan (dana) untuk membangun rumah ibadah, baik itu masjid, gereja ataupun wihara," ucapnya.

Perangi Kemiskinan

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

Karena itu, Suryadharma berharap agar arah perjuangan FPI juga dilakukan untuk mengentaskan segala permasalahan di kalangan umat Islam. Termasuk memerangi kemiskinan dan kebodohan di kalangan muslim. Bukan hanya berjihad pada satu medan saja.

"Banyak cara untuk menang. Omong kosong mau menang perang tapi mengabaikan pendidikan, mengabaikan ekonomi dan mengabaikan politik," katanya.

"Mari ragamkan perjuangan, saya setuju FPI dan pemerintah berbagi tugas. Ada kepentingan lain yang tidak boleh diabaikan, pendidikan kita masih tertinggal," lanjutnya. (ren)

Zeekr 009 Grand

MPV Semewah Alphard Ini Bisa Melesat Sekencang Mobil Sport

Mobil MPV ini bukan sembarang minivan, melainkan sebuah istana mini yang memadukan kemewahan, performa, dan teknologi canggih. Bagian belakang kabin dipisahkan dari depan

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024