Kalla: Tanpa Wibawa, Indonesia Jadi Negara Rimba

MK Diamuk Massa
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Izaac Mulyawan

VIVAnews - Mantan Presiden Jusuf Kalla menyoroti penegakan hukum di Indonesia yang dia menilai semakin turun. Jika kondisi tersebut terus berlangsung, JK menilai, Indonesia berpotensi menjadi negara tanpa aturan.

"Kalau tidak ada ketegasan, wibawa, negara ini akan jadi negara rimba," kata JK dalam acara peluncuran buku, 'Hoegeng, Polisi dan Menteri Teladan' di Gramedia Pondok Indah Mal, Minggu, 17 November 2013.

JK mengambil contoh dari peristiwa belum lama ini. Kejadian itu, kata dia, akibat karena tidak adanya ketidakjujuran dari para hakim MK, dan ketidaktegasan mereka dalam menjalankan amanah.

"Akhirnya terjadi hukum rimba. Semua harus menghindari kejadian seperti itu. Bagaimana semua bisa diobrak-obrak tanpa wibawa dan ketegasan," ujarnya.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu berpendapat seorang pemimpin harus memiliki wibawa dan ketegasan. Selain itu, dia juga wajib jujur, dan berani hidup sederhana, tidak bermewah-mewahan.

NasDem Sebut Surya Paloh Restui Jika Anies Ingin Maju di Pilkada DKI 2024

Salah satu sosok yang menurut JK berhasil mewujudkannya adalah mantan Kapolri, Hoegeng Iman Santoso. "Beliau Kapolri, Kepala Imigrasi, Menteri, punya kesempatan berbuat yang tidak-tidak tapi beliau tetap lurus," tuturnya.

Polisi menetapkan 15 tersangka dalam kasus rusuh di MK yang terkait putusan pilkada Maluku. (umi)

Ramalan Zodiak Selasa 16 April 2024: Scorpio Bertemu Kenalan Lama, Ada Masalah Serius untuk Aquarius
Ilustrasi kasus demam berdarah dengue (DBD)

Health Ministry Warns Dengue Fever to Bali Tourists

The Health Ministry has issued an early warning asking local and foreign tourists to remain alert against dengue hemorrhagic fever (DHF), which is on the rise in Bali.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024