Longsor Freeport, Satu Orang Tewas

penyelamatan korban longsor di Big Gossan, Freeport
Sumber :
  • Wildan Kesuma
VIVAnews -
Cek Hotel dan Bus Jemaah di Makkah, Menag Optimistis akan Bisa Beri Layanan Terbaik
Musibah longsor kembali terjadi di wilayah tambang PT Freeport Indonesia di Tembagapura Mimika, Papua. Seorang karyawan dilaporkan tewas, seorang lagi terluka.

Terpopuler: Harga iPhone di iBox Naik, Modus Peretasan WhatsApp dari Facebook

Insiden ini terjadi di Loading Point 1 E North Underground DOZ, Minggu 1 Desember 2013, sekitar pukul 16.00 WIT. Korban tewas karena tertimpa material bebatuan dan seseorang lagi berhasil diselamatkan.
Kata Kepala Bea Cukai Purwakarta Dituding Punya Harta Fantastis


Juru Bicara Polda Papua, AKBP Pujo, melalui pesan singkat mengatakan bahwa kedua korban saat itu tengah berada di dalam sebuah mobil pick up.

 

"Telah terjadi insiden, sebuah mobil pick up jenis toyota LWB nomor Lambung 01-4387 dari Departemen Undergrown Operation tertimpa bebatuan/material tambang yang keluar dari pintu Cut Loading Point 1 E North, mengakibatkan pengemudi Pick Up a.n. FIKRIZAL UTAMA, lahir di Pringsewu 11 Juni 1986 (27 thn) alamat barak RH BA NO 341 Ridge Camp Tpra Kary PT. FI jabatan Gen-for, meninggal dunia, dan seorang Penumpang an. PEMAN GOMBO (SUPERVISOR) luka dan bisa diselamatkan oleh regu penolong," ujarnya.


Perusahaan dibantu oleh pihak berwenang saat ini tengah melakukan investigasi terkait penyebab longsor. "Perusahaan sedang berkoordinasi dengan pihak berwenang, guna menginvestigasi penyebab longsor," ujar Corporate Communication PT Freeport Indonesia, Daisy Primayanti.


Peristiwa ini, lanjutnya, juga sudah dilaporkan langsung kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. "Kami sudah laporkan insiden ini ke kementerian terkait," ujarnya.


Sementara itu Pihak keluarga korban sudah dilaporkan dan menolak dilakukan otopsi. untuk itu, penyidik pembantu berangkat ke Palembang guna membuat Berita Acara Penolakan Otopsi jenazah.

 

Adapun kondisi di areal tambang, kata dia, sudah kembali normal, aktivitas karyawan sudah berjalan seperti biasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya