Bambang Widjojanto Usul Cabang KPK di Daerah

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Wakil Ketua KPK Bambang Wijojanto mengeluh karena jumlah penyidik sangat minim jika dibandingkan kasus korupsi di seluruh Indonesia. Akibat jumlah SDM yang minim, KPK sulit melaksanakan tugas pokoknya, yaitu membangun pencegahan korupsi.

"Jumlah orang terbatas, kompetensi juga. Kenapa nggak buat pemberantasan korups di daerah? Ini untuk akselerasi saja. Kalau itu bisa dilakukan malah lebih cepat," kata Bambang di Gedung DPR, Senin 2 Desember 2013.

Misalnya, kata dia, bisa dengan dibentuknya cabang atau semacam unit KPK di beberapa daerah. "Kita bisa mulai dari tiga (cabang), baru dikembangkan," kata dia.

Sidang Kasus Pemerasan-Gratifikasi di PN Jakpus, LPSK Beri Perlindungan Eks Ajudan SYL

Bambang mencontohkan, cabang KPK itu bisa dibuat berdasarkan cluster area. Misalnya, untuk areal Sumatera, KPK bisa ditempatkan di Palembang. KPK ini bisa mencakup Aceh sampai Lampung. Indonesia, kata dia, bisa dibagi tiga bagian.

Selain itu, cabang KPK juga bisa dibuat berdasarkan peta masalah yang terkait kasus korupsi. "Dimana wilayahnya kita akan petakan sesuai dengan roadmap KPK. Nggak mungkin keluar dari roadmap KPK," jelasnya. (adi)

Rumput Purun Disulap Nasabah PNM Jadi Tas Cantik
PLN siagakan SPKLU untuk pemudik

Ramai Mobil Listrik, Transaksi di SPKLU PLN Naik 2 Kali Lipat saat Mudik

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur mencatat adanya kenaikan jumlah transaksi di 126 unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) saat mudik.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024