Polisi: Belum Ada Bukti Mahasiswa ITN Tewas karena Kekerasan

Ilustrasi kekerasan.
Sumber :
  • Nadya
VIVAnews - Kepolisian Daerah Jawa Timur siap menurunkan Tim Laboratorium Forensik guna menguak tewasnya mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Jawa Timur.
Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Fikri Dolasmantya Surya, mahasiswa baru institut itu, tewas saat mengikuti orientasi dan pengenalan mahasiswa baru, Kemah Bakti Desa (KBD) di kawasan Goa China, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, tanggal 9 - 12 Oktober lalu. 
Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

"Tetapi, polisi belum mendapatkan izin dari keluarga korban," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Awi Setiyono di Surabaya, Jumat 13 Desember 2013.
72 Narapidana Terorisme Ucapkan Ikrar Setia NKRI

Jika sudah ada izin, kata Awi, polisi akan bergerak cepat. Polda Jatim terus berkoordinasi dengan Polres Malang guna mengumpulkan bukti-bukti lain.

"Kapolda Jatim kemarin juga kesana (ke Malang) untuk memberikan atensi khusus kepada Kapolres Malang guna pengungkapan kasus itu," lanjutnya.

Terkait dengan beredarnya foto kekerasan yang diduga itu terjadi saat ospek mahasiswa baru, Awi menyebut tidak ada kaitannya.

"Tidak nyambung, itu tidak ada kaitannya dengan kegiatan ospek ITN dan tewasnya mahasiswa baru, bernama Fikri," urainya.

Hasil pemeriksaan sementara, didapat keterangan bahwa saat itu, di hari ke empat kegiatan, Fikri tidak kuat berjalan, kemudian dibonceng dengan motor oleh panitia. Saat jalanan menanjak, korban kemudian turun dan mencoba berjalan kaki lagi. Kemudian terjatuh karena tidak kuat.

"Saat itu, korban jatuh dan terdengar suara dengkuran. Sempat dibawa ke rumah sakit, namun nyawanya tidak tertolong," urai Awi.

Soal dugaan ada kekerasan, Awi juga menolak. Dia menyebutkan hasil visum tidak ada bukti kekerasan.

Lanjutnya, jika keluarga menyetujui, akan dilakukan autopsi jasad korban oleh Tim Laboratorium Forensik dan Bidang Kedokteran Kesehatan Polda Jatim. 

Hingga saat ini, lanjutnya, polisi terus mendalami kasus kematian Fikri dengan mencari dan mengumpulkan bukti-bukti, saksi dari mahasiswa, termasuk meminta keterangan saksi ahli. Gelar perkara juga beberapa kali dilakukan di Mapolres Malang.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya