Ambles, Akses Utama Garut Menuju Bandung Terputus

Jalan Amblas
Jalan Amblas
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Jalan utama Bandung-Garut tepatnya akses penghubung Kecamatan Cisewu dan Kecamatan Talegong menuju Pangalengan, terputus, Sabtu malam, 14 Desember 2013. Jalan itu ambles setelah diterjang luapan air sungai Cikawung.

Kepala Bagian Informasi dan Telematika Kabupaten Garut, Basuki Eko, mengatakan, jalan utama lingkar selatan Garut, yang menghubungkan Kecamatan Cisewu, Kecamatan Talegong hingga Pangalengan tersebut putus sekitar pukul 20.40 WIB. Jalan putus itu tepat berada di KM 63+875, dengan panjang mencapai 100 meter.

Barmansyah, petugas Dinas Bina Marga Garut mengungkapkan, lalu lintas dari arah Bandung menuju Cisewu maupun sebaliknya kini lumpuh. Kendaraan roda empat tak bisa melalui jalur ini, sedangkan pemotor dilarang melintas karena rawan kecelakaan.

Dengan adanya kejadian ini, warga yang akan menuju Bandung harus menggunakan Jalan Bungbulang, atau lebih jauh dengan jarak tempuh mencapai lima jam. Petugas Bina Marga segera menurunkan alat berat guna membuka jalan baru. (art)

Laporan: Taufiq Hidayah, kontributor tvOne Garut