Menkumham Jamin Tak Ada Sel Mewah untuk Ratu Atut

Ratu Atut Chosiyah Ditahan di Rutan Pondok Bambu
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews -
Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023
Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin menegaskan tidak ada fasilitas sel mewah untuk Ratu Atut Chosiyah di Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu, Jakarta Timur.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Hal itu dikatakan Amir di Kantor Kemenkumham, Kuningan, Jakarta, Senin 23 Desember 2013. "Tidak ada (sel mewah untuk Ratu Atut), saya jamin itu," ucap Amir.
PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim


Di Rutan Pondok Bambu, kata Amir, sudah ada standar pelayanan dan pengawasan yang diberlakukan. Sehingga, tidak mungkin akan ada perlakuan khusus untuk Ratu Atut.


"Ada CCTV juga di sana. Memang tidak sampai ke ruangan, tapi di depan itu ada. Termasuk ruang pengunjung ada," jelasnya.


Soal, jumlah tahanan yang berada satu sel dengan Ratu Atut, Amir enggan menanggapinya. Menurutnya, itu adalah kewenangan Kepala Rutan. Atut saat ini menghuni sel berisi 16 orang. "Tidak sampai saya harus mengatur ruang tahanan, yang penting strategis," ucapnya.


Komisi Pemberantasan Korupsi menahan Ratu Atut setelah diperiksa untuk pertama kali sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap Pilkada Lebak terhadap mantan Ketua MK Akil Mochtar. KPK menduga Atut membantu adiknya, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan untuk menyuap Akil.


Sebelumnya, Atut sudah diperiksa dua kali sebagai saksi di kasus yang sama dan pengadaan alat kesehatan di Banten. (umi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya