KPK Belum Bolehkan Hambit Dilantik Jadi Bupati di Rutan

Bupati Gunung Mas Hambit Bintih.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVAnews - Tersangka kasus dugaan suap dalam sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi, Hambit Bintih, rencananya akan dilantik sebagai Bupati Gunung Mas oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

Terkait pelantikannya itu, Kementerian Dalam Negeri telah mengirimkan surat kepada Komisi Pemberantasan Korupsi. Juru Bicara KPK, Johan Budi mengatakan pihaknya telah menerima surat tersebut.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Saat ini surat itu masih dipelajari. KPK sendiri belum memberikan keputusan apakah akan disetujui atau tidak. "Mungkin Jumat nanti ada keputusan dari pimpinan," ujar Johan, Rabu 25 Desember 2013.

Pantaun VIVAnews di Gedung KPK, terlihat keluarga besar Hambit Bintih mendatangi KPK untuk menjenguk Hambit. Sang istri memastikan akan hadir dalam pelantikan suaminya itu.

"Saya akan datang ketika pelantikan, belum pasti di mana tapi pasti akan datang," Rusiati.

Hambit Bintih dan Anton Dohong ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Gunung Mas dalam pemilihan kepala daerah yang digelar 4 September 2013. Pasangan ini unggul dari Jaya dan Daldin yang merupakan rival terkuat mereka.

Namun Hambit Bintih sendiri kini mendekam di Rutan Komisi Pemberantasan Korupsi. Dia ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap sengketa Pilkada Gunung Mas yang melibatkan Ketua MK nonaktif Akil Mochtar. Baca penjelasan kasusnya
Hambit diduga sebagai pihak pemberi suap, sedangkan Akil diduga penerima suap. Keduanya ditangkap dalam operasi tangkap tangan KPK awal Oktober 2013 lalu.

Selain Hambit dan Akil, dalam kasus suap sengketa Pilkada Gunung Mas itu KPK juga menetapkan anggota DPR Chairun Nisa dan pengusaha Cornelis Nalau sebagai tersangka.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Kalimantan Tengah atas nama Mendagri berencana melantik Hambit di Rutan pada hari ini, Rabu 25 Desember.

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks
Zodiak

Ramalan Zodiak Rabu 24 April 2024, Sagitarius: Hubungan dengan Kekasih Tidak Sehat Hari Ini

Ramalan zodiak Rabu, 24 April 2024. Aries, teman dekat akan berbagi rahasia. Sagitarius, hubungan dengan kekasih mungkin tidak sehat. Capricorn menghadapi krisis.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024