Solusi Atasi Banjir Versi Jusuf Kalla

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla
Sumber :
  • ANTARA/Jessica Helena Wuysang

VIVAnews - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla punya solusi untuk mengatasi masalah banjir di Indonesia, khususnya Ibu Kota Jakarta. Baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Solusi jangka pendek, kata Kalla, membiasakan diri tidak membuang sampah sembarangan. Karena banjir yang terjadi salah satunya disebabkan oleh sampah.

Sementara untuk jangka panjang, mantan Wakil Presiden ini menyarankan agar dibangun rumah susun (rusun), terutama bagi mereka yang tinggal di bantaran sungai.

"Rusun dapat membantu, apalagi dengan adanya lahan atau area resapan yang luas," ujar JK, sapaan Jusuf Kalla saat ditemui di Kantor Pusat PMI, Gatot Subroto, Jakarta, Minggu 19 Januari 2014.

JK menjelaskan, jika pemerintah menyiapkan 10 hektar lahan kosong dan satu hektar digunakan untuk membangun rusun. Artinya, kata JK, masih ada sembilan hektar lahan yang dapat digunakan untuk daerah resapan. Lahan tersebut dapat dijadikan taman, lapangan bola atau fasilitas outdoor lainnya.

"Kalau sisa lahan adalah atap rumah, air tidak masuk ke tanah. Ya, 100 rusun cukup-lah dan paling hanya mengeluarkan dana Rp7 miliar," ujar JK.

Dengan pembangunan rusun tersebut, JK juga yakin kalau warga yang tinggal di bantaran sungai, dengan sendirinya akan ikut tinggal. Sehingga penataan sungai pun dapat dilakukan.

"Kalau menyoal evakuasi tidak ada masalah besar. Mereka hanya butuh penggantinya. Karena selama ini merasa itu (rumah) harta yang sangat penting," katanya. (sj)