Sepekan Terendam Banjir, Jalur Pantura Semarang Rusak Parah

Pengurukan Jalan Pantura Kudus, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri A

VIVAnews - Sepekan direndam  banjir,  jalur Pantai Utara Pulau Jawa (Pantura) di timur Semarang hingga  Kudus, Jawa Tengah, kini rusak berat. Kecelakaan lalu lintas akibat jalan yang rusak akan mengancam  keselamatan para pengguna jalan.

Jalan dari Semarang  hingga perbatasan Demak dan Kudus terjadi secara merata  mulai dari Jalan Raya Kaligawe, Sayung, Demak hingga kawasan Karanganyar.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Akibat terendam banjir, aspal jalan mengelupas dan menyebabkan lubang-lubang besar. Kendaraan yang melintas di jalur ini harus berjalan pelan. Kerusakan parah juga terjadi di jalan Jenderal Sudirman. Titik jalur penghubung Kudus-Pati tersebut rusak sepanjang 6 kilometer. 

Sopir truk bernama Siswanto mengatakan, sepanjang perjalanan dari Semarang hingga Demak, ada beberapa kendaraan besar yang mogok karena mengalami patah per akibat kendaraan dengan muatan berat itu masuk ke lubang jalan. Kemacetan juga kerap terjadi.

"Ada saja yang tak bisa jalan karena per patah. Sudah jalan rusak, kendaraan mogok juga tambah macet," katanya.

Hampir sepekan lamanya, jalur Pantura timur terendam banjir. Pengguna jalan berharap pemerintah segera  turun tangan  mengatasi permasalahan ini.

Kerusakan jalan juga terjadi di Jalan Raya Semarang-Purwodadi-Blora, akibat peningkatan volume kendaraan berat yang melintas. Jalur ini menjadi alternatif setelah jalur Pantura timur antara Semarang-Demak-Kudus-Pati-Rembang lumpah akibat tergenang banjir.

"Kendaraan yang akan menuju Surabaya dan sebaliknya dialihkan menuju Purwodadi-Blora-Bojonegoro dan sebaliknya. Ini membuat beban jalan bertambah. Banyak jalan yang rusak," kata Kasat Lantas Polres Grobogan, AKP Arianto Salkery. (one)

Laporan: Syamsul Arifin/ tvOne Semarang

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro
Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024