VIDEO: Dituduh Plagiat, Anggito Mundur dari UGM

Anggito Abimanyu
Sumber :
  • Dharma

VIVAnews - Anggito Abimanyu, Senin 18 Februari 2014, mengumumkan pengunduran diri dari staf pengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Mundur demi mempertahankan kredibilitas UGM, setelah Anggito dituduh melakukan plagiat dalam artikel di Harian Kompas yang berjudul "Gagasan Asuransi Bencana. Artikel itu dimuat 10 Februari 2014.

Saat mengumumkan pengunduran dirinya, Anggito yang kini menjabat Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama, didampingi Rektor UGM Pratikno.

Dalam artikel yang dipermasalahkan itu, Anggito mengutip referensi dalam sebuah folder di komputer pribadi yang belakangan diketahui merupakan kertas kerja yang ditulis Hotbonar Sinaga dan Munawar Kasan.

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

"Demi mempertahankan kredibilitas UGM sebagai universitas dengan komitmen pada nilai-nilai kejujuran, integritas, dan tanggung jawab akademik, maka saya menyampaikan permohonan pengunduran diri sebagai dosen UGM," katanya.

Anggito juga menyesal dan meminta maaf kepada rektor dan civitas akademika UGM, dekan FEB UGM, Harian Kompas, dan pihak-pihak yang merasa dirugikan atas tulisannya, yaitu Hotbonar Sinaga dan Munawar Kasan. "Untuk proses pengunduran diri ini, saya serahkan sepenuhnya kepada UGM," kata dia lagi.

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas
Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024