265 Bangunan Kuno Kena Abu Kelud

Candi Borobudur ditutupi terpal.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Anis Efizudn

VIVAnews - Ada 265 bangunan warisan budaya di Jawa Timur kena dampak hujan abu vulkanik akibat letusan Gunung Kelud yang terjadi pada Kamis 13 Februari 2014 malam. Dari jumlah tersebut, 30 bangunan warisan budaya terkena dampak cukup parah, sehingga harus ditutup bagi kunjungan wisatawan.

"Terbanyak adalah bangunan candi dan di Jawa Timur merupakan daerah terbanyak adanya bangunan candi yang merupakan warisan budaya," kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, Prof. Ir. Wiendu Nuryanti, M.Arch., Ph.D, di Yogyakarta, Kamis 20 Februari 2014.

Selain di wilayah Jawa Timur, bangunan warisan budaya di DIY dan Jateng yang juga tak luput dari abu vulkanik dan harus ditutup bagi wisatawan adalah Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, dan juga Candi Plaosan yang terletak di Kabupaten Klaten.

"Kalau dihitung kerugian yang dialami oleh 30 bangunan warisan budaya yang terdampak abu vulkanik dalam satu hari rata-rata mencapai Rp1 miliar, sehingga tinggal dikalikan berapa hari tutup," kata Wiendu.

Sistem Penanggulangan Bencana

Menurut dia, pada pertengahan Maret yang akan datang akan dilakukan pertemuan yang membahas tentang sistem penanggulangan bencana jika terjadi bencana pada cagar budaya. Setiap bangunan budaya perlu memiliki sistem penanggulangan bencana seperti jalur-jalur evakuasi bagi para pengunjung.

"Semua situs-situs, cagar budaya yang mulai dikunjungi oleh masyarakat harus memiliki sistem penanggulangan bencana," katanya.

Wiendu menjelaskan, situs-situs atau cagar budaya yang memiliki sistem penanggulangan bencana hanya Candi Borobudur dan sistem tersebut baru diterapkan sepekan sebelum erupsi Gunung Kelud berlangsung.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

"Sistem penanggulangan bencana nantinya dapat dibaca oleh wisatawan dengan melampirkan panduan pada tiket, ketika terjadi bencana harus berkumpul di mana, menggunakan jalur evakuasi di mana, dan hal lainnya," katanya. (art)

Pemain Timnas Indonesia U-23

Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick menilai kemenangan atas Timnas Korea Selatan U-23 adalah buah kinerja tim.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024