Ratusan Pengusaha SPBU di Jatim Diperiksa soal Permainan Tarif Tera

Premium habis - Kelangkaan BBM
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq
VIVAnews
Prabowo Khawatir Terjadi Benturan Sosial Sehingga Minta Aksi Damai di MK Dibatalkan
- Ratusan pengusaha stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Jawa Timur diperiksa Kejaksaan Tinggi di Surabaya, Selasa, 2 September 2014.

Deretan Negara yang Miliki Pesawat Canggih Anti-Nuklir di Dunia

Pemeriksaan tersebut berkaitan dengan dugaan permainan bea atau tarif tera di sejumlah SPBU di Jawa Timur. Ada laporan oknum Balai Tera Metrologi di Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga ikut bermain.
Government to Form Special Task Force for Handling Online Gambling


“Sudah 50 pengusaha yang datang,” Romy Arizyanto, Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Jatim, Selasa, 2 Agustus 2014.


Pemeriksaan dilakukan di ruang pidana khusus. Pemeriksaan terkait dugaan manipulasi tera metrologi SPBU yang terjadi secara masif di Jatim. Modusnya, ambang toleransi takaran di mesin dipola sehingga tidak sesuai sebagaimana mestinya. Hal itu merugikan konsumen dan berpengaruh terhadap besaran kewajiban pengusaha SPBU membayar bea teranya.  


Seorang perwakilan SPBU di Malang mengatakan, sebelumnya disurati Kejati untuk dimintai keterangan soal tera SPBU yang dikelolanya.


"Setiap tahun berbeda besarannya," katanya. Dia mengatakan, petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan tidak memberikan surat pemberitahuan terkait ketentuan bea tera, termasuk hitungan nominalnya. "Pokoknya diminta bayar segini, ya, saya setor saja.”


Kepala Seksi Penyidikan Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Jatim, Mohammad Rohmadi, mengatakan, pengusutan terhadap kasus dugaan penyimpangan bea tera SPBU dilakukan setelah pihaknya menerima laporan dari masyarakat tiga minggu lalu. Dilanjutkan dengan pengumpulan data. Dugaannya terjadi penyimpangan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya