Pilkada Langsung atau Lewat DPRD? Ini Pandangan Zumi Zola

Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli.
Sumber :
  • VIVAnews/Ramond EPU
VIVAnews -
Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Talkshow "Promosi Budaya Indonesia Lewat Konten Digital"
Zumi Zola Zulkifli mengaku siap menghadapi sistem pemilihan kepala daerah, baik yang dipilih langsung maupun melalui DPRD. Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi, itu akan bertarung untuk memperebutkan jabatan Gubernur Jambi pada 2015 nanti.

RS Polri Sebut Jasad Kebakaran Toko Frame Mampang Luka Bakar Sampai 100 Persen

Meski demikian, Zumi Zola punya pandangan sendiri terkait pemilihan kepala daerah langsung dipilih rakyat.
Bertemu Tony Blair, Menko Airlangga Bahas Inklusivitas Keuangan Hingga Stabilitas Geopolitik


"Saya ini kepala daerah hasil dari pemilihan langsung oleh rakyat. Jadi saya merasakan betul ada hubungan emosional yang terbangun antara kepala daerah dengan rakyat," ujar Zumi, Sabtu 13 September 2014.


Zumi tidak ingin mengatakan pemilihan oleh rakyat lebih baik daripada dipilih oleh DPRD. Namun, kata dia, jika rakyat yang memilih langsung, akan ada pengawasan langsung terhadap kepala daerah yang sudah dipilihnya. Karena rakyat merasa bertanggung jawab dengan kepala daerah yang sudah dipilih.


"Belum lagi hubungan emosional yang terbangun antara rakyat dengan pemimpin. Apakah hal ini akan ada kalau kepala daerah dipilih DPR?" kata Zumi.


Bukan hanya itu, dia juga banyak mendapat masukan dari banyak kepala daerah lain di sejumlah daerah di Indonesia. Pada umumnya, mereka menginginkan pemilihan langsung oleh rakyat.


"Semua kepala daerah hasil dari pemilihan langsung mempunyai alasan yang sama, bahwa pemilihan langsung oleh rakyat mempunyai hubungan emosional yang baik dengan rakyat," kata politikus Partai Amanat Nasional ini.


Tapi Zumi Zola tetap menghormati apapun keputusan di DPR. Apakah sistem pemilihan yang nantinya tercantum di RUU Pilkada itu dipilih langsung, atau dipilih oleh DPRD.


Karena dia yakin, apapun yang diputuskan merupakan yang terbaik. Selain itu, dia juga telah mempersiapkan diri untuk menjadi gubernur Jambi, baik pilihan rakyat maupun DPRD Provinsi Jambi.


Sejauh ini, komunikasi dengan sejumlah partai berjalan baik. Begitu juga dengan partainya, Zumi mengaku sudah mendapat 90 persen dukungan. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya