Jokowi Janji Bangkitkan Industri Mobil Nasional

Kirab mobil Esemka dengan Joko Widodo.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq
VIVAnews - Presiden Terpilih Joko Widodo berjanji akan kembali membangkitkan industri mobil nasional. Ia menginginkan agar merek-merek lokal memiliki posisi yang sejajar dengan produsen mobil internasional.
Sebut MK Bisa Anulir Hasil Pilpres 2024, Guru Besar IPDN Beberkan Alasannya

"Kita sudah berapa tahun merdeka? Buat pesawat bisa, masa buat mobil saja enggak bisa? Logikanya itu saja," ujar Jokowi, yang masih menjadi Gubernur DKI Jakarta, di Balai Kota Jumat 19 September 2014.
Istri Dicopet hingga Barang Berharga Raib, Daniel Mananta Pilih Maafkan Pelaku

Menurut Jokowi, pemerintahannya nanti akan membuat keberpihakan yang jelas terhadap para produsen mobil lokal. Ia menilai selama ini industri mobil nasional sulit berkembang karena banyaknya regulasi yang diterapkan untuk melakukan produksi massal terhadap merk mobil lokal.
Tak Kunjung Ketemu dengan Nikita Mirzani, Lolly Singgung Memperbaiki Diri

"Diproduksi bisa, tapi enggak bisa sampai dipasarkan karena kebanyakan regulasi. Itu problemnya," ucap Jokowi.

Kesempatan untuk melakukan produksi massal mobil lokal itu, dikatakan oleh Jokowi, akan diberikannya baik kepada perusahaan swasta atau perusahaan BUMN yang tertarik.

"Jadi kita beri peluang biar brand lokal itu terkenal jadi produk yang kredibel di mata internasional," ucap Jokowi.

Seperti diketahui, saat masih menjabat sebagai wali kota Solo, Jokowi memperkenalkan mobil Esemka. Tepatnya pada 25 Februari 2012.

Mobil tersebut telah lulus uji emisi setelah sebelumnya sempat beberapa kali gagal lulus uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BMTP) Serpong, Tangerang Selatan, Banten. []

(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya