TNI Beri 10 Penghargaan Inovasi Militer

Pembaretan Gubernur Seluruh Indonesia
Pembaretan Gubernur Seluruh Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Panglima TNI Jenderal Moeldoko didampingi Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan para Kepala Staf Angkatan memberikan Penghargaan Inovasi Panglima TNI 2014 kepada 10 orang yang berkontribusi terhadap kemajuan TNI, Minggu 12 Oktober 2014. Program penghargaan ini merupakan kerja sama TNI dengan CIS School of Innovation dan Yayasan Planet Inovasi.

"Penganugerahan inovasi Panglima TNI ini adalah komitmen saya saat fit and proper test di DPR," kata Moeldoko dalam pidatonya di Mabes TNI Cilangkap.

Ia menjelaskan, penganugerahan inovasi Panglima TNI mengidentifikasi, mengenali, dan mengakui karya inovasi militer, baik itu dari lingkungan TNI maupun luar TNI. Inovasi itu mencakup teknologi dan inovasi kemanusiaan, serta inovasi sumber daya manusia.

"Kegiatan ini potret besar, saya bangun tradisi baru. Di Mabes TNI ini akan berkumpul tiga marwah, yaitu disiplin, teknologi, dan seni," ujarnya.

Menurut Moeldoko, semangat militer harus dipadukan antara soft power dan hard power. Secara fisik, merupakan kekuatan yang harus dimiliki TNI dan non fisik adalah keniscayaan yang dikembangkan dengan teknologi.

Sementara itu, jenis penghargaan inovasi Panglima TNI itu, yaitu tiga penghargaan inovasi Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI, tiga penghargaan inovasi TNI non-Alutsista, dua penghargaan inovasi TNI dan Pemerintah Daerah, Dua penghargaan inovasi TNI dan individu/tim/organisasi/lembaga publik di luar TNI.

"Dari hasil temuan evaluasi dewan juri, telah ditemukan karya cipta seperti pesawat dan kendaraan dengan teknologi penangkal radar," katanya. (art)