Kemenpora Umumkan Juara Kompetisi Wirausaha Muda Berprestasi 2014

Kemenpora Umumkan Juara Kompetisi Wirausaha Muda Berprestasi 2014
Kemenpora Umumkan Juara Kompetisi Wirausaha Muda Berprestasi 2014
Sumber :
  • Dok. Kemenpora

VIVAnews - Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) mengumumkan pemilihan Wirausaha Muda Pemula Berprestasi 2014 di Jakarta. Kompetisi ini berlangsung sejak 1 Juli-31 Agustus 2014 dengan dua kategori yaitu, Wirausaha Muda Pemula Berprestasi (WPMB) untuk bidang pertanian, perdagangan dan jasa, industri dan jasa boga, industri kreatif) dan kategori Penggerak Wirausaha Berprestasi (PWB).

Masing-masing kategori dipilih tiga pemenang yang akan mendapatkan hadiah menarik dari Kemenpora. 10 finalis yang terpilih dalam tahap seleksi proposal, survei, verifikasi lapangan, dan wawancara akan dinilai lebih lanjut oleh dewan juri yang didatangkan dari berbagai bidang seperti kementerian teknis (UKM, pertanian, perindustrian, perdagangan, kelautan, dan perikanan), praktisi bisnis yang berasal dari Hipmi, perbankan, akademisi, dan media.

Indikator yang dinilai juga beragam, pertama persyaratan teknis, yaitu peserta harus memenuhi kriteria usaha mikro sesuai dengan UU No 20 tahun 2008 tentang UKM. Kedua, motivasi, karakter, keterampilan serta kemitraan dan pembinaan.

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Sakhyan Asmara berharap kompetisi ini akan menghasilkan tokoh-tokoh idola generasi muda yang sukses dan pekerja keras. "Tujuan dari pemilihan ini untuk membangun jiwa kewirausahaan generasi muda dan meningkatkan partisipasi aktif membangun usaha kecil yang mampu bersaing di pasar dunia," ujar Ketua Pelaksana, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora.

Berikut adalah pemenang untuk kategori Penggerak Wirausaha Berprestasi 2014; Juara I : Iskandarsyah (Aceh), nama usahanya UKM Center FE Unsyah, Juara II :Syam Rahadi (Sulawesi Tenggara), nama usaha UPT Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan produktivitas Nasional, Juara III : Uun Unerie (Jawa Barat), nama usaha Cirebon Creative.

Untuk kategori Wirausaha Muda Pemula Berprestasi 2014 : A. Bidang Pertanian ; Juara I :Adi Pramudya ( DKI Jakarta) nama usaha CV Anugerah Adi, Juara II : Diyah Rahmawati Wicaksana Ningtyas (Jawa Timur) nama usaha Vigur Organik dan Juara III : Hendro Sugiarto ( Jawa Barat) nama usaha Mushroom Van Java.

B. Bidang Usaha Perdagangan dan Jasa : Juara I : Dea Ariyanti (Jawa Barat) nama usaha Supernova House, Juara II : Rahmat L Bialangi (Sulawesi Selatan) nama usaha PT Insan Adrasta Tour dan Juara III : Ali Oktoda (Bengkulu) nama usaha Simba Corporation.