Dituduh Pelihara Hantu, Keluarga Mengungsi ke Kantor Polisi

Koleksi benda santet di Museum Santet
Sumber :
  • http://www.jelajah-nesia.blogspot.com

VIVAnews - Satu keluarga di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, mengungsi ke kantor kepolisian setempat. Mereka tak berani kembali ke kampung mereka karena dituduh memelihara begu ganjang.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Menurut kepercayaan warga setempat, begu ganjang adalah hantu yang bisa disuruh pemiliknya untuk mencari kekayaan, dengan syarat mengorbankan nyawa manusia sebagai tumbal.

Sebelumnya, keluarga Sudin Situmeang yang dituduh punya ilmu hitam itu sempat menginap di kantor Kepolisian Sektor (Polsek) Sorkam selama seminggu. Mereka takut diamuk massa dari kampung mereka di Desa Pardamean, Kecamatan Sorkam, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Jusniar Siregar, istri Sudin Situmeang, menangis di hadapan polisi. Dia meminta polisi melindungi keluarganya sekaligus membantu menyelesaikan perkara tuduhan begu ganjang itu kepada warga. Soalnya, lebih seminggu terakhir, suaminya tidak lagi bekerja, dan anaknya tidak berani ke sekolah.

Sudin Situmeang mengaku telah melaporkan peristiwa yang dialaminya kepada Polsek Sorkam. Tapi hingga kini belum ada tindak lanjut. Kemudian, diapun memberanikan diri untuk mengonfirmasi laporan itu kepada Polres Tapanuli Tengah.

Isu begu ganjang di Kabupaten Tapanuli Tengah merebak sejak Juni 2014. Itu terjadi di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Kolang, Kecamatan Manduamas, dan Kecamatan Sorkam Barat. Tuduhan terhadap keluarga Sudin Situmeang terjadi setelah ada seorang warga setempat yang kesurupan di depan rumahnya. (ita)

Syaren Situmorang/Kabupaten Tapanuli Tengah

Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024