Guru Mengajar Pakai Kostum Pahlawan

Hari pahlawan, guru di Medan mengajar dengan kostum pahlawan
Sumber :
  • VIVAnews/Satria Lubis
VIVAnews
Jokowi Adakan Buka Puasa Bersama Menteri di Istana
- Berbagai cara dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan. Di Kota Medan Sumatera Utara guru SMU Negeri 2 memilih mengajar dengan menggunakan kostum pahlawan nasional, Senin 10 November 2014.

4 Jenderal Polri Kompak Bareng Wartawan dan Polwan Sebar Kebaikan di Bulan Ramadan

Berbagai kostum pahlawan, seperti RA Kartini, Cut Nyak Dhien, dan Teuku Umar dikenakan. "Kami ingin semangat pahlawan dalam memperjuangkan bangsa ini dapat ditiru siswa," kata Kepala Sekolah SMU Negeri 2 Sutrisno.
Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Keluarga Ungkap Hal Ini


Menurut Sutrisno, sejumlah siswa sempat kaget ketika proses belajar mengajar dimulai. Namun setelah diberi penjelasan, para siswa justru sangat antusias.


Sebelum pelajaran mulai, para siswa dan guru mengelar acara doa bersama untuk mengenang jasa pahlawan.


Makna Pahlawan


Di Jakarta, Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan.


Pada upacara ini, JK tidak menyampaikan pidato sedikit pun. Hanya setelah upacara dia mengatakan 10 November merupakan hari yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Karena tanpa jasa para pahlawan, Indonesia tidak akan seperti ini.


"Tentu selalu kita hormarti," kata JK.


Pengamat politik dari Universitas Indonesia Mohammad Nasih mengingatkan agar masyarakat tidak hanya memuji-muji dan melakukan upacara seremoni belaka. "Tidak cukup itu," katanya.


Dia meminta masyarakat untuk meneruskan cita-cita mereka,


Sangat ironi bila memperingati Hari Pahlawan sebatas seremoni saja tanpa mengambil tauladan dari nilai-nilai perjuangan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, kita harus memberi makna baru atas sejarah kepahlawanan dengan mengisi kemerdekaan sesuai perkembangan zaman. "Jadilah pahlawan untuk masa depan," katanya.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya