Pemerintah Siapkan Lahan untuk Relokasi Korban Longsor Banjarnegara

Duka Keluarga Korban Longsor Banjarnegara
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pemerintah telah mempersiapkan lahan untuk merelokasi warga Banjarnegara yang menjadi korban bencana tanah longsor. Menteri Agraria, Ferry Mursyidan Baldan, mengatakan tanah yang disediakan letaknya cukup jauh dari tempat tinggal warga yang jadi korban bencana longsor.

"Kita bersama-sama dengan Pemda mencari tanah. Itu ada, tetapi cukup jauh. Kita tawar yang lebih dekat," kata Ferry di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu 17 Desember 2014.

Ferry mengatakan pemerintah akan mencari lokasi yang benar-benar aman, sehingga bisa digunakan warga secara permanen. Tempat yang aman menurut Ferry letaknya harus jauh dari lokasi tanah longsor.

Ferry memastikan, relokasi tempat itu cukup untuk semua korban tanah longsor. Tak hanya mempersiapkan tempat tetapi pemerintah juga akan membuat program untuk pemahaman masyarakat dan pendidikan peduli lingkungan.

"Itu program jangka panjang," ujarnya.

Masyarakat menurut Ferry juga harus diberikan pemahaman mengenai manfaat dari relokasi. Pemerintah menurutnya juga harus mencari tanah yang cocok untuk dijadikan lahan pertanian.

"Mereka kan rata-rata petani, relokasi mereka ya harus bisa untuk tempat pertanian juga. Bukan sekadar pindah rumah tetapi kehidupan mereka," katanya.

Saat ini menurut Ferry yang penting warga dipindahkan dahulu dari tempat longsor. "Yang penting jauh dulu (dari lokasi longsor)," ujarnya.

Baca juga:

Sukses Digelar, Turnamen PBSI Sumedang Open 2024 Diharap Lahirkan Atlet Terbaik
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Saat Berdoa di Rakornas Pilkada, PAN Yakin Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Gelar Rakornas Pilkada, PAN Harap Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024