Kapal Tag Boat Meledak, 9 Orang Luka Bakar

Petugas Polair Polda Jateng menunjukkan lokasi meledaknya kapal tag boat
Sumber :
  • Dwi Royanto

VIVAnews - Sebuah kapal tag boat Sandia III di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang meledak, Kamis, 9 Januari 2015. Ledakan terjadi di kamar mesin kapal dan menyebabkan sembilan karyawan mengalami luka bakar serius.

Kecelakaan Boat Paspampres, Satu Belum Ditemukan

Informasi yang dihimpun di Kepolisian Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, ledakan kapal tag boat itu terjadi pada pukul 14.00 WIB. Kapal tersebut merupakan milik PT Yasa Wahana Tirta Samudra Tanjung, Jalan Deli nomor 17 Tanjung Emas, Semarang.

Kanit Kepolisian Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, AKP Beny, mengatakan, insiden terbakarnya kapal tag boat di kawasan pelabuhan Semarang itu bermula saat puluhan teknisi kapal melakukan perbaikan di salah satu kamar kapal.

"Namun, tabung gas elpiji menggunakan selang panjang yang digunakan untuk mengelas bocor sehingga elpiji keluar. Kemudian percikan api las mengenai gas yang keluar dan meledak, " katanya kepada VIVAnews di lokasi kejadian.

Ledakan disertai api yang berada di kamar mesin tersebut membuat sembilan pekerja yang berada di lokasi panik. Mereka mengalami luka bakar serius.

Ratusan Penumpang Kapal Mutiara Dievakuasi ke Dermaga I Bakauheni

"Dugaannya ke sana, tapi ini masih kami kembangkan," ujarnya.

Beny menambahkan, kesembilan pekerja yang mengalami luka bakar itu langsung dilarikan ke Rumah Sakit Sultan Agung Semarang untuk mendapatkan perawatan intensif.

Kajaga Dit Pol Air Polda Jawa Tengah, Brigadir Katono, menambahkan tujuh pekerja diperbolehkan pulang oleh tim medis. Sedangkan tiga di antaranya masih berada di ruang ICU RSI Sultan Agung Semarang.

"Tiga orang mengalami luka bakar parah di tubuh sehingga harus dirawat inap. Sementara tujuh orang mengalami luka ringan dan dirawat jalan," katanya.

Data korban berdasarkan informasi yang dihimpun dari Polrestabes Semarang antara lain; Hanafi, Solekan, Teguh Sunaryo, Eko Budianto, Guntoro, Nur Abidin, Eko Condro Prayitno, Sukardi, Maskat. Seluruhnya merupakan karyawan harian lepas PT Yasa Wahana Tirta Samudra Tanjung, Semarang.

Macet di tol Tangerang-Merak. (ilustrasi)

Setiap Hari Ada Kecelakaan, Tol Tangerang Merak Masuk Dalam Kategori Rawan

Jalan tol Tangerang Merak masuk dalam kategori rawan, lantaran nyaris setiap hari terjadi kecelakaan.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2023