Menteri Susi Ingin Tekan Harga Ikan Kakap dan Tenggiri

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • satu jam lebih dekat-tvOne
VIVAnews - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, memang memberantas penangkapan ikan ilegal (illegal fishing). Dia punya target terhadap harga ikan. Susi ingin menekan harga ikan-ikan yang mahal, seperti ikan kakap dan ikan tenggiri. Susi ingin seluruh masyarakat Indonesia bisa mengkonsumsi ikan-ikan tersebut.
Skema Asuransi untuk Satu Juta Nelayan

"Harga ikan kakap dan tenggiri sudah turun hingga Rp50-60 ribu (per kg). Mudah-mudahan bisa turun ke Rp35-45 ribu. Mudah-mudahan rakyat Indonesia tidak bosan makan lele dan mujair, tapi juga ikan kakap dan tenggiri," kata dia dalam konferensi pers rapat koordinator dan evaluasi penanganan illegal fishing di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat malam 9 Januari 2015.
Menteri Susi: 4 Kapal Baru untuk Berantas Pencurian Ikan

Dengan harga yang baru ini, kata dia, bisnis industri perikanan bisa menggeliat dan bisa mengekspor ke luar negeri.
Fadli Zon Anggap Teguran JK ke Susi Kurang Tepat

"Masyarakat Indonesia yang wilayahnya dua pertiga laut bisa makan ikan laut. Ikan laut bukan lagi barang mewah," kata Susi.

Founder Susi Air ini pun juga ingin menekan harga ikan bawal putih yang harganya berkisar Rp100 ribu per kg. Dengan harga ini, masyarakat bisa membeli ikan di semua tempat.

"Masyarakat kecil bisa membelinya di Muara Angke dan Pasar Baru, tidak hanya supermarket yang menjual," kata dia. (one)

Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya