Pemberantasan Illegal Fishing Jadi Program Dunia

KSAL Laskamana Madya Ade Supandi dan Menteri Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo
VIVAnews - Pemerintah mengklaim penangkapan ikan ilegal (illegal fishing) atau illegal, unreported, and unregistered (IUU) fishing tak hanya menjadi musuh Indonesia. Seluruh negara di dunia juga memusuhi IUU fishing.
Skema Asuransi untuk Satu Juta Nelayan

"Ini adalah program dunia. FAO telah menetapkan code of conduct how to deter IUU fishing," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo, dalam konferensi pers rapat koordinator dan evaluasi penanganan illegal fishing di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat malam 9 Januari 2015.
Menteri Susi: 4 Kapal Baru untuk Berantas Pencurian Ikan

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, juga mengatakan bahwa penangkapan ikan ilegal tak hanya musuh Indonesia, tapi juga semua negara dan IUU fishing harus diberantas.
Fadli Zon Anggap Teguran JK ke Susi Kurang Tepat

"Misalnya, Thailand bermasalah dengan nelayan Vietnam. Filipina bermasalah dengan nelayan Thailand. Semua bermasalah dengan illegal fishing," kata dia.

Susi mengatakan bahwa Indonesia juga menuai pujian ketika mengambil langkah untuk melakukan penenggelaman kapal nelayan ilegal.

"Dapat apresiasi dari seluruh negara. Ada yang pakai bahasa joke, 'Finally you're waking up'," kata dia. (one)

Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya